Cara membuat kembang gula hiasan kue tidaklah sulit, cara memakainya pun juga tidak terlalu sulit, hanya di butuhkan ketenangan, konsentrasi dalam mengaplikasikannya pada kue.

Kue kering yang polos akan menjadi cantik dengan olesan gula warna-warni yang memikat hati para konsumen. Membuat ‘sugar glaze’ gampang-gampang susah. Karenanya perlu perhatikan triknya.

Ini yang harus anda ketahui tentang Cara Membuat Kembang Gula Hiasan Kue

Sebelum membuat Cara Membuat Kembang Gula sebaiknya kita harus mengetahuinya terlebih dahulu. Sugar Glaze dikenal dengan sebutan Glazuur. Adonan gula kental ini biasa dipakai untuk mengolesi permukaan cookies, kue atau donat dan muffin. Biasanya agak keras, rasanya manis dan warnanya yang indah.

Untuk menghasilkan warna gula yang mengilat dan cepat kering, ternyata terletak pada proses pengadukannya. Saat mengaduk campuran gula dan putih telur sebaiknya lakukan dengan perlahan dan kecepatan yang rendah. Lalu hentikan mengocok saat semua bahan sudah masuk dan tercampur rata. Ini harus benar-benar Anda perhatikan, sebab bila tidak dilakukan campuran akan menjadi kaku.

cara membuat kembang gula hiasan kue

Bahan yang digunakan:

  • 100ml putih telur
  • 500gr Gula tepung atau bisa pakai yg sudah di jual kemasan.
  • 1 sdm / secukupnya air jeruk lemon / air jeruk nipis
  • 2-3 tetes perasa makanan untuk kukis / essence

Cara membuatnya:

1. Kocok putih telur sampai putih, lalu masukkan secara bertahap gula bubuk, masukkan air jeruknya dan juga perasa makanannya, kocok sampai halus dan kental.
2. Siapkan beberapa wadah dan pewarna makanan, lalu isi dengan icing sugar yang sudah kental tadi.
3. Berikan masing2 wadah dengan warna2 yg berbeda, untuk mendapatkan warna pastel, teteskan pewarnanya cukup sedikit saja, sekitar satu tetes, lalu mengaduknya perlahan.
4. Kalau ingin mendapatkan warna yang kuat, boleh teteskan pewarnanya 2-3 kali atau tambahkan lagi pewarnanya apabila warna belum pekat.
5. Sebaiknya gunakan spatula datar yang dari plastik agar mudah mengaduknya.
6. Kalau sudah beres mewarnainya, ambil gelas, taruh plastik segitiga di dalam gelas lalu isi dengan icing sugar dan ikat dengan kuat.
7. Lubangi ujung plastik, sesuai dengan keperluan, lalu icing sugar siap untuk menghias.
Cara menggambarnya, bisa bikin dasarnya dulu diatas kukisnya, biarkan setengah kering, lalu bisa mulai menghias lagi di atasmya.

Selamat mencoba cara membuat kembang gula hiasan kue. Hiasan gula bubuk ini lebih mudah dibuat, bahan sederhana dan mudah didapatkan.

Jangan lupa baca artikel lainnya ya Cara Paling Mudah Membuat Dodol Nanas Untuk Anda Coba