Cara membuat karamel sarang semut yang lezat sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Simak terus artikel ini dan mari belajar bersama.

Karamel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi sehingga menghasilkan cairan yang lengket berwarna cokelat gelap dan biasa digunakan untuk perisa dalam puding, isian permen dan cokelat, topping es krim, atau untuk ditambahkan ke berbagai hidangan penutup. Dua kriteria untuk karamel yang sempurna adalah warna dan rasanya.

Nahh disini ada yang bingung tentang sarang semut ?? Bukan sarangnya semut yaa, disini sarang semut yang dimaksud adalah kue. Berikut penjelasan mengenai roti sarang semut.

Roti sarang semut hampir mirip dengan kue bolu yang menyerupai jenis kue panggang bolu karamel. Hanya saja roti ini mempunyai ciri khas dengan bentuk motif sarang semut, maka dari itu dinamakan roti bolu sarang semut. Roti ini banyak dijual dipasaran-pasaran tradisional, dan bukan hanya terkenal di negara kita saja, ternyata Roti bolu sarang semut sudah terkenal menyebar luas di negara tetangga kita , seperti Singapura dan Malaysia. Karena rasanya yang enak dan lembut, kue sarang semut ini banyak disukai oleh semua orang.

Nah itulah sekilas tentang roti sarang semut yang juga banyak orang menyebutnya kue sarang semut. Sajian lezat pada roti sarang semut Anda sudah pernah mencicipi kah? Roti dengan rasa yang lezat dan cara penyajian yang begitu unik ini sebenarnya gampang dibuat. Roti dengan tekstur yang lembut dan bagian berongga di dalamnya membuat kue unik ini dinamai dengan kue sarang semut. Banyak roti sarang semut dijual di toko-toko roti sehingga bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan roti sarang semut anda bisa langsung pergi ke toko kue ataupun toko roti dan membelinya.

Cara Membuat Karamel Sarang Semut

Cara Membuat Karamel Sarang Semut

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu berprotein tinggi 200gr
  • Gula pasir putih yang bagus 500gr
  • Air bersih panas sekitar 500ml
  • Telur ayam 8butir
  • Tepung maizena yang bagus 100gr
  • Soda kue 1 sdt
  • Margarin 130gr
  • Baking powder 1 sdt
  • Susu kental manis yang bagus 200gr
  • Garam dapur beryodium ½ sdt

Cara Membuat :

  1. Buatlah karamelnya yang nanti akan dicampur dengan adonan bolunya.
  2. Siapkan penggorengan untuk membuatnya, sebaiknya menggunakan wajan dengan lapisan teflon supaya tidak lengket.
  3. Masukkan gula pasir dengan api kecil saja. Diaduk gulanya sampai gulanya berubah warna menjadi agak kecoklatan dan cair.
  4. Air panas yang sudah dipersiapkan di atas kemudian masukkan dan tuang ke dalam wajan teflonnya. Aduk supaya larutan karamel gulanya tercampur rata dengan air dan meleleh lalu angkat dan dinginkan
  5. Ambil satu tempat agak besar. Tepung terigu protein dapat Anda masukkan sedang saja, tepung maizena, soda kue dan baking powdernya.
  6. Aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rataMasukkan telur ayam, ambil satu tempat yang lebih besar dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk dan kocok lepas kedua bahan diatas secukupnya sampai mengental.
  7. Campuran bahan tepung dan bahan lain diatas masukkan ke dalam wadah telur yang sudah dikocok diatas. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai habis.
  8. Mentega yang sudah dilembekkan di atas selanjutnya masukkan ke dalamnya sedikit demi sedikit sambik diaduk sampi benar benar rata dan habis.
  9. Masukkan susu kental manis kurang lebih sebanyak 200 gram yang sudah dipersiapkan di atas.
  10. Campurkan karamel dan aduklah
  11. Siapkan oven untuk memanggang dan hidupkan kompor dengan api besar.
  12. Lapisi loyang dengan sedikit mentega dan taburi tepung di atasnya supaya tidak lengket.
  13. Untuk hasil akhir tuanglah adonan ke dalamnya dan masukkan ke dalam panggangan oven dengan api besar.
  14. Tunggu  (kurang lebih selama 43-50 menit).

4 Tips Cara Membuat Karamel  Semut Yang Baik

1. Buat sesuai kebutuhan

Untuk membuat karamel, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika terlalu banyak akan tidak babik karena nantinya menjadi tidak terpakai karena sudah terlanjur mengeras di panci. Sayang kan udah capek-capek bikin malah terbuang begitu saja. Misal jika hanya akan digunakan untuk topping di atas pancake-mu, cukup gunakan 200 gram gula pasir dan 2 sdm air saja. Kamu cukup mencampur kedua bahan tersebut di atas panci lalu masak di atas api kecil. Jangan lupa tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis untuk mencegah gula mengkristal.

2. Gunakan Alat Masak Yang Tepat

Ini penting banget untuk diingat. Sebaiknya gunakan panci kecil yang tinggi atau panci saus (sauce pan) untuk membuat karamel karena saat dimasak karamel ini akan mendidih, mengembang, dan sering mengeluarkan letupan-letupan berisi uap panas. Lebih baik hindari penggunaan wajan datar atau alat masak yang berukuran terlalu kecil atau tidak sesuai dengan jumlah karamel yang akan dimasak.

Gunakan sendok kayu yang panjang untuk pengaduk. Karamel mendidih itu panasnya jauh melebihi air yang mendidih, lho. Sementara itu kita harus mengaduknya terus menerus kan saat memasak. Maka sendok kayu panjang ini bisa mencegah tanganmu kepanasan saat mengaduk dan terkena letupan-letupannya. So, be careful.

3. Perhatikan Perubahan Warna Setelah Mendidih

Sesudah bahan dimasukkan dalam panci, aduk secara perlahan dengan gerakan konsisten sampai mendidih dan mengental. Jangan lupa untuk amati perubahan warna gulanya, guys. Tapi jangan sampai karena kamu kepo ingin lihat warnanya, kamu jadi sangat dekat dengan pancinya dan terkena letupannya, lho. Jika warna sudah berubah menjadi cokelat muda terang, Matikan langsung api dan pindahkan panci dari kompor. Aduk-aduk hingga karamel ini berwarna cokelat keemasan. Waaah pasti tercium aroma wangi gula, nih!

4. Segera Sajikan

Segera gunakan karamel tersebut, ya. Namun tetap harus tetap hati-hati karena karamelnya panas banget. JIka terlalu lama membiarkannya, karamel akan mengeras di dalam panci dan sulit dipindahkan.

Selain dibuat saus, kamu juga bisa membuat permen dari karamel. Caranya juga mudah, tinggal tuang karamel di atas wadah datar berbahan besi (seperti loyang), bentuk karamel sesukamu menggunakan cetakan kue, beri stik es krim atau tusukan sate, kemudian tunggu hingga mengeras. Setelah keras, ambil permennya dengan bantuan spatula atau sendok dan siap untuk dinikmati. Menyenangkan bukan?

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Karamel Sarang Semut Yang Mudah Dan Praktis, jika anda tertarik untuk membuat gula semut bisa anda kepoin artikel lain di website ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan anda mengenai cara membuat karamel. Terima kasih.