Wow! Ini di cara membuat jelly roll yang manis dan praktis ala rumahan yang bisa Anda tiru dengan kreatifitas Anda sendiri. Makanan manis yang terbuat dari bahan jelly bubuk dan bahan pelengkap lainnya memang banyak diminati oleh banyak orang termasuk anak-anak.

Dengan menggunakan bahan yang sangat mudah di cari, dan cara membuat jelly roll yang praktis.

Tadinya pakai 1 gelas air 1 agar-agar atau jelly bubuk, 1 gelas gula, gitu saja kok caranya. Kemudian dimasak sampai mengental, hingga kadar airnya lebih sedikit, kira-kira adonannya mirip seperti mau bikin gulali.

Tadi satu resep aku bikin juga dua loyang yang 30 x 30 sama loyang 20 x 20 karena tipis dan adonannya tadinya lengket di tangan.

Kalau masih panas tapi kalau sudah dingin tidak lengket di tangan, baru ditaburi gula halusnya, lalu bisa digulung rapi tapi pas ujungnya jangan pakai gula halus kira-kira setengah centimeter agar bisa ngerapetin gulungan yang terakhir.

Cara membuat jelly roll ini juga membutuhkan ketelatenan dalam proses menggulung. Karena jika tidak hati-hati, jelly akan gagal atau rusak.

Anda jangan khawatir, disini kami akan memberikan langkah dan cara membuat jelly roll yang manis dan praktis ala rumahan ini.

Baca juga : Berikut Ini Cara Membuat Permen Jelly Yang Sederhana Anti Gagal

Langkah Dan Cara Membuat Jelly Roll

Bahan-Bahan :

  • Agar-agar atau jelly bubuk 1 bungkus.
  • Gula pasir putuh bersih 1 gelas.
  • Air matang 1 gelas.
  • Gula halus untuk taburan jelly roll 1 gram.

Cara Membuat Jelly Roll :

  1. Cara membuat jelly roll yang pertama yaitu masak dengan api sedang dengan mencampurkan semua bahan seperti jelly atau agar-agar bubuk, gula pasir, dan air kecuali gula halus.
  2. Masak sampai jelly mengental berbuih adonan seperti ingin membuat permen gulali.
  3. Selanjutnya tuangkan adonan ke dalam loyang dengan ukuran 30 dan ukuran 20 (prosesnya agak cepat soalnya adonan cepat mengental).
  4. Cara membuat jelly roll Anda juga harus meratakan adonan dengan cara dimiringkan loyangnya supaya terisi penuh dan merata.
  5. Simpan sebentar dan tunggu sampai adonan di dalam loyang supaya tidak lengket di tangan.
  6. Setelah itu taburkan gula halus di atas jelly sampai merata (pinggiran loyang yang satu sisi jangan terkena gula halus, karena untuk menempelkan gulungan tarakhir.
  7. Tiap loyang dipotong pada bagian tengah supaya mudah untuk menggulung jelly rollnya.
  8. Gulung terus agar yang sudah ditaburi gula halus dan pada gulungan terakhir tekan.
  9. Kemudian tekan dengan agak keras supaya menempel dan membentuk bulatan. Menggulungnya juga harus hati-hati supaya tidak rusak.

Sesudah selesai menggulung jellynya lalu potong iris tipis gulungan jelly tadi.

Baca juga : Ini Dia Nama Nama Topping Es Krim Yang Banyak Diburu Masyarakat

Proses Pengeringan

Rapikan di ruangan yang bersuhu seperti ruangan kamar dan diamkan sampai jelly benar – benar mengeras. Sebaiknya jelly jangan di jemur, jika di jemur jelly akan meleleh.

Itulah cara membuat jelly roll yang manis. Bagaimana, mudah dan praktis  bukan? Agar lebih nikmat, sebaiknya jelly roll di hidangkan dengan keadaan dingin yaitu sebelum dimakanjelly dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas.

Biasannya jelly-jelly seperti jelly roll ini di sajikan untuk pencuci mulut setelah makan. Umumnya kebanyakan orang menutup makanan dengan yang manis-manis.

Jika Anda ingin menambahkan warna supaya terlihat lebih cantik sebaiknya Anda menambahkan pasta makanan atau pasta rasa strawberry, nanas, melon atau lain sebagainya.

Tetapi jika ingin menggunakan pasta makanan tersebut, Anda harus menggunakan bubuk agar-agar atau jelly yang berwarna putih.

Cara membuat jelly roll pun juga praktis, alat dan bahan juga sangat mudah di dapatkan. Hanya membutuhkan ketelatenan Anda dalam proses membuat.

Anda juga bisa membuat beraneka macam cara membuat permen sendiri tanpa ribet dengan menggunakan bahan jelly yang praktis dan manis ala rumahan buatan Anda sendiri.

Dengan begitu artikel tentang langkah dan cara membuat jelly roll yang manis dan praktis ala rumahan  yang kami sampaikan ini semoga sangat bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan semoga SUKSES!