Cara Membuat Jahe Instan – Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki batang semu dan beraroma khas. Bentuknya yang unik dan rasanya yang pedas membuat jahe menjadi salah satu minuman penghangat favorit masyarakat. Tanaman rempah ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bumbu masakan, obat-obatan dan minuman sehat.

Jahe sering digunakan masyarakat sebagai penghangat tubuh, biasanya dibuat menjadi wedang jahe. Namun untuk membuat minuman jahe tersebut mereka harus menunggu lama untuk merbus jahe. Jadi jika anda menginginkan yang mudah dan cepat, solusinya ada di sini.
Jahe instan atau bubuk jahe, dapat dengan mudah kita gunakan untuk membuat wedang jahe. Karena kita tinggal menyeduhnya dengan air hangat dan menambahkan sedikit gula. Namun sayangnya, harga jahe instan ini cukup mahal apabila sudah dijual di supermarket – supermarket.
Bagi anda yang memiliki tanaman jahe dan suka mengkonsumsi wedang jahe / jahe anget sebaiknya anda membuat sendiri jahe instannya. Agar lebih praktis untuk mengkonsumsinya. Bagi anda yang ingin membuatnya sendiri namun masih kebingungan dengan cara membuatnya, tak perlu khawatir lagi karena disini saya ada solusinya.
Disini saya akan berbagi resep cara membuat jahe instant yang mudah dan sederhana. Mari kita simak cara membuat jahe instan berikut ini.
Alat dan Bahan Membuat Jahe Instan
Alat yang kita gunakan cukup sederana yaitu parutan, pisau, wadah, saringan, baskom, kompor, wajan dan pengaduk makanan, sedangakan bahan yang kita gunakan cukup jahe 1 kg dan gula 1 kg.
Untuk jahenya agar memiliki rasa yang nikmat kita gunakan jahe gajah. Karena jahe tersebut memiliki bentuk yang besar-besar dan tidak memiliki rasa yang terlalu pedas. Jadi aman dikonsumsi oleh orang tua, bahkan anak-anak.  Namun jika anda tidak memiliki anda dapat menggunakan jahe jenis apapun.
Baca Juga :

Cara Membuat Jahe Instan

cara membuat jahe instan

Sebelum membuat jahe instannya sebaiknya tangan anda dilindungi dengan  sarung tangan agar tidak kepanasan. Langsung saja kita buat jahe instannya.
1. Langkah Pertama
Pertama bersihkan jahe dari sisa-sisa tanah yang menempel dan kulit jahe yang hitam dan kotor di bersihkan menggunakan pisau hingga bersih, saran saya jangan di kupas kulitnya karena akan mengurangi rendemennya nanti.
2. Langkah Kedua
Parut jahe yang sudah dibersihkan tadi, kalau anda memiliki  mesin penggiling  silahkan  gunakan itu saja karena lebih cepat dan lebih aman.
3. Langkah Ketiga
Hasil parutan diperas dan disaring dengan menggunakan saringan yang halus agar ampas tidak ikut dalam perasannya, karena  yang akan di ambil adalah sarinya saja. Jadi ingat prosedur ini tanpa ada penambahan air, jadi murni sari jahe saja.
4. Langkah Keempat
Tunggu 3 sampai 5 menit agar pati dan sari yang sudah di peras terpisah. Pati merupakan lapisan larutan hasil perasan yang paling bawah, biasanya  berwarna putih kental sedangkan sarinya ada di atasnya pati.
5. Langakah Kelima
Tuangkan sari jahe ke dalam wajan dan tambahkan 1 kg gula pasir kemudian nyalakan kompor dengan api sedang, aduk-aduk terus adonan  hingga mendidih, bila sudah mendidih tetap anda aduk – aduk agar gula tidak mengkaramel atau berwarna coklat.
6. Langkah Keenam
Proses pengadukan ini dinamakan sangrai. Anda sangrai terus menerus  sampai adonan menjadi seperti pasir, tetap aduk terus hingga merata, jangan sampai ada gumpalan-gumpalan jahe dan gula. Biasanya proses mengsangrai ini bisa sampai 30 menit lebih, tergantung banyaknya jahe.
7. Langkah Ketujuh
Jangan biarkan adonan jahe gosong. Jika sudah berwarna kecoklatan maka matikan kompor dan dinginkan jahe kurang lebih 10 menit. Jika sudah dingin jahe instan siap dikemas.
Bubuk jahe instan bila bagus akan menghasilkan warna seperti karamel (putih agak kecoklatan ) dan bila diseduhpun akan menghasilkan warna yang cantik. Nah cukup mudahkan cara membuat jahe instan diatas.
Anda juga dapat menjadikan jahe instan ini sebagai bisnis rumahan yang tentu akan menghasilkan untung yang maksimal.  Jahe instan ini dapat bertahan lama jika disimpan di suhu ruangan yang dingin. Jadi anda dapat menstocknya dirumah agar tidak perlu ribet-ribet lagi merebusnya dan menunggu lama.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, semoga dengan membaca resep ini anda dapat membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencobba dan Terimakasih! Sampai Jumpa!