Cara Membuat Gulali – Gulali merupakan salah satu makanan tradisional yang sempat eksis pada eranya dulu sebagai jajanan anak dalam bentuk gula. Zaman dulu, jajanan permen memang belum banyak variasinya seperti sekarang ini. Oleh karena itu, anak-anak sangat senang membeli gulali jadul (jaman dulu) yang dijajakan oleh bapak pedagang kaki lima.

Fakta Menarik Tentang Gulali

Gulali merupakan makanan ringan yang sering kita temui dan berikut faktanya:

  1. Aman Dikonsumsi
  2. Gunakan Satu Bahan
  3. Dulu Namanya “Peri Benang”
  4. Banyak Warna
  5. Proses Pembuatan Yang Unik
  6. Tingkat Konsumsi

Cara Membuat Gulali Yang Bisa Menarik Minat Anak-Anak

Rasa gulali yang manis dengan warna menggoda, memang sukses memikat hati anak-anak. Bentuk gulali pun sangat unik, ada yang dibentuk menyerupai bunga, mobil, kupu-kupu, bebek, dan masih banyak lagi. Apalagi satu permen gulali biasanya dibandrol sangat murah. Wajar bila banyak anak menyerbu jajanan tradisional ini.

Permen Gulali Terdiri Dari 4 Macam Jenis.

Permen Gulali Gula Jawa Kacang

Tanah.Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam permen yang ada saat ini.

Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah mirip permen ting ting kacang.

Permen Gulali Gula Pasir

Jenis gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih berwarna karena para pedagang biasanya memberikan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik jika dibentuk.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll, sehingga anak-anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir atau polisi dan security SATPAM.

Permen Gulali Rambut Nenek

Gulali ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Pedagang biasanya menarik-narik adonan dasar gulali ini sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra.

Kebanyakan orang menyebut gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek. Konon orang Cina sering menyebut gulali ini sebagai jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis

Jenis gulali yang terakhir dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus namanya Mesin Arum Manis. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas makanya sering disebut permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia gulali jenis ini lebih populer dengan nama arum manis. Usaha Arum Manis ini sudah di franchise kan di Indonesia. Setiap permen gulali ada asal usul atau asal mulanya termasuk permen gulali harum manis ini.

Gulali dibuat dari gula yang diberi pewarna makanan. Mesin gulali modern bekerja dengan cara yang sama dengan mesin-mesin yang lama. Bagian tengah mesin itu terdiri dari sebuah wadah kecil. Ke dalamnya dimasukkan gula dan pewarna makanan.

Pemanas dekat tepian wadah itu mencairkan gulanya, yang kemudian diputar melalui lubang-lubang kecil dan hasilnya dipadatkan oleh udara. Kemudian benang-benang itu dikumpulkan pada sebuah wadah logam yang besar.

Resep Dan Cara Membuat Gulali

cara membuat gulali

Salah satu makanan saat kecil yang masih melegenda hingga sekarang salah satunya adalah gulali. Gulali merupakan hasil olahan berbahan dasar gula yang selanjutnya diberi bahan pewarna makanan dan bahan pelengkap lainnya. Bentuk dan warnanya sangat beragam, tidak heran jika makanan ini mampu membuat siapa saja yang melihat tergoda untuk mencicipinya.

Gulali sangat sering kita jumpai di pasar malam dan tempat – tempat keramaian. Saat ini gulali dibuat dengan berbagai macam variasi seperti gulali rambut nenek, gulali arum manis, gulali kacang, gulali gula pasir, gulali aneka rasa, dan masih banyak lagi.

Bentuknya pun kini sangat banyak macamnya mulai dari gulali menyerupai kapas dan berbentuk lonjong, bentuk bunga, bintang, dan lain sebagainya. Warna yang disajikan juga sangat menarik, umumnya gulali menggunakan pewarna makanan dengan perpaduan warna yang terang.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan gulali, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk menciptakan gulali lezat dan menarik ternyata sangatlah mudah.

Bahan-Bahan :

  • Gula pasir 1 kg
  • Asam citrun 1 sdm
  • Pasta strawberry atau pasta pandan 1 sdm
  • 100 ml air matang

Alat Membuat Gulali :

  • Sediakan wajan besar
  • Sendok makan
  • Satu centong kayu
  • Cara Membuat Gulali

Langkah Dan Cara Membuat Gulali

  1. Masukkan semua bahan yang dibutuhkan ke dalam wajan.
  2. Aduk-aduk adonan sembari dipanaskan dengan api sedang.
  3. Aduk sampai merata menggunakan centok kayu, aduk terus jangan berhenti kurang lebih 10 menit atau sampai gulali matang.
  4. Matikan kompor dengan tetap mengaduk adonan pelan.
  5. Diamkan agar adonan menjadi dingin kurang lebih 15 menit.
  6. Masukkan adonan gulali dalam stoples lalu dinginkan kembali kurang lebih 2 jam.
  7. Gulali siap dibentuk sesuai dengan selera dan kreativitas.

 

Karena gulanya bersifat higroskopis, dan mempunyai ruang permukaan yang sangat luas, ia akan menjadi makin kasar, keras, dan biasanya tidak begitu halus lagi setelah terpapar atmosfer.