Berikut ini berbagai macam cara membuat gulali praktis dan mudah ala rumahan bisa Anda terapka dengan berbagai kreativitas sendiri. Makanan manis yang menggunakan bahan baku gula ini sangat digemari oleh banyak orang.

Gulali termasuk salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat popular pada zamannya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti saat ini, anak-anak lebih menyukai gulali tersebut.

Sebernarnya gulali ini di bagi menjadi 4 macam gulali yaitu gulali gulla jawa, yaitu gulali yang terbuat dari gula jawa dan dicampur dengan kacang tanah.

Cara membuat gulali praktis jenis kedua adalah gulali yang terbuat dari gula pasir, dan memiliki warna yang menarik dan biasannya bisa dibentuk seperti bebek, ayam, bunga, dan lain sebagainnya.

Jenis gulali yang ketiga adalah gulali yang terbuat dari tepung dan biasannya disebut rambut nenek, karena memiliki bentuk yang acak-acakan. Biasannya cara membuat gulali praktis rambut nenek ini menarik adonan hingga sedemikian rupa sampai terbentuk seperti mie yang lembut.

Cara membuat gulali praktis yang terakhir yaitu jenis arum manis, biasanya terbuat dengan menggunakan mesin khusus dalam proses membuatnya. Gulali arum manis ini memiliki warna-warna yang sangat menarik  dan teksturnya yang lembut setra manis sehingga bayak di gemari oleh banyak orang.

Seiring perkembangan zaman sudah sulit untuk menemukan gulali-gulali tersebut. Tetpi Anda tak perlu resah disini kami akan memberikan berbagai macam cara membuat gulali praktis dan mudah ala rumahan.

Baca juga : Mantap, Inilah Cara Membuat Kerupuk Dari Terigu

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Praktis Dan Mudah Ala Rumahan

1. Cara Membuat Gulali Gula Jawa

Bahan-Bahan :

  • Gula jawa yang sudah di haluskan 500 gram.
  • Air matang 125 ml.
  • Potongan kacang tanah.
  • Tusuk sate.

Langkah Membuat Gulali :

  1. Masukkan gula merah dan air kedalam wajan lalu diaduk sampai tercampur merata. Nyalahkan kompor dengan api bervolume sedang lalu letakkan wajan diatasnya.
  2. Aduk terus adonan sampai benar-benar mendidih. Setelah itu masukkan potongan kacang tanah dan diaduk sampai rata. Jika airnya sudah berkurang dan adonan gulali sudah mengental kemuadian angkat lalu celupkan tusuk sate kedalamnya dan ambil.

2. Cara Membuat Gulali Praktis Gula Pasir

Bahan-Bahan :

  • Gula pasir 500 gram.
  • 125 ml air.
  • Pewarna makanan.
  • Tusuk sate.

Langkah Membuat Gulali :

  1. Cara membuat gulali yang pertama yaitu masukkan gula pasir, pewarna makanan dan air kedalam wajan kemudian aduk sampai rata dan panaskan wajan diatas api sedang sambal mengaduk.
  2. Aduk terus sampai mendidih dan mengental, jika sudah kental ambil gulali dengan tusuk sate kemudian bentuk menjadi berbagai binatang atau bunga.

3. Cara Membuat Gulali Rambut Nenek

Bahan-Bahan :

  • Gula pasir 500 gram.
  • Air bersih 125 ml.
  • Pewarna makanan.
  • Minyak goreng.
  • Tepung terigu.

Langkah  Membuat Gulali :

  1. Cara membuat gulali praktis rambut nenek yang pertama adalah tuangkan minyak goreng kedalam wajan dan pnanaskan. Masukan tepung terigu lalu diaduk sampai rata hingga mengeluarkan bau harum dan bewarna sedikit cokelat.
  2. Setelah itu, tuangkan tepung terigu yang sudah disangrai keatas wadah yang besar seperti loyang untuk membuat kue. Kemudian taburkan secara merata dan diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, silahkan Anda membuat adonan gulalinya.
  3. Cara membuat gulali juga sama seperti diatas yaitu masukkan adonan gulali seperti diatas, campurkan gula pasir, air, dan pewarna kedalam wajan. Setelah itu panaskan diatas api sedang terus diaduk sampai mendidih.
  4. Langkah dan cara membuat gulali rambut nenek adalah angkat wajan tersebut dan diamkan sebentar sampai mulai mengental.
  5. Kemudian tuangkan adonan keatas tepung terigu. Baiklah sekarang silahkan tatik-tarik adonan sampai terbentuk seperti rambut nenek.

Baca juga : Peluang Bisnis Arum Manis, Mendapatkan Keuntungan Seperti Rasanya!

Mulai sekarang Anda sudah bisa membuat gulali dengan sendirinya. Baiklah kurang lebih itu langkah dan cara membuat gulali praktis  yang kami sampaikanuntuk Anda coba-coba di rumah.

Bagaimana, praktis dan mudah bukan? Dngan begitu Anda bisa bernostalgia dengan makanan masa kecil.

Demikian artikel tentang cara membuat gulali praktis yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan semoga SUKSES!