Wow! Ini dia cara membuat gula pasir yang praktis dan mudah untuk Anda terapkan dengan ala rumahan. Gula pasir merupakan pemanis yang berasal dari tebu. Gula pasir di kalangan masyarakat tersebut selalu meningkatkan harga dari waktu ke waktu.

Kenapa bisa begitu? Karena zaman sekarang ini jumlah penduduk semakin berkembang dan juga semakin maraknya industri atau usaha kuliner yang menggunakan bahan baku atau utama gula.

Jadi, gimana pun juga meningkatnya konsumsi masyarakat akan gula ini hendaknya harus disertai dengan meningkatnya produksi gula.

Jika Anda ingin mencoba membuat gula pasir yang praktis disini kami akan memberikan langkah dan cara membuat gula pasir yang praktis dengan ala rumahan.

Baca juga : Cara Membuat Sirup Aloevera Yang Kaya Akan Manfaat

Langkah Dan Cara Membuat Gula Pasir

1. Penyadapan Air Nira

Proses pertama  yang harus kita lakukan adalah penyadapan air nira dari tebu atau pohon aren. Karena air nira inilah yang menjadi bahan baku utama dalam pembuatan gula pasir.

Penyadapan air nira untuk cara membuat gula pasir ini kita lakukan dua kali, yaitu pada pagi dan sore hari. Kalau untuk tahap awal pembuatan kami sarankan sebaiknya jangan langsung banyak dulu, paling tidak Anda bisa coba 1-2 liter air nira. Nanti kalau sudah berhasil baru ke depannya bisa produksi lebih banyak lagi.

2. Pemasakkan Air Nira

Setelah air niranya itu sudah kita dapatkan, cara membuat gula pasir selanjutnya adalah pemasakan. Air nira yang sudah Anda sadap tadi sebaiknya langsung segera dimasak dengan cara dipanaskan selama 5-6 jam.

Karena kalau air niranya itu cuma kita diamkan terlalu lama, nanti malah berubah jadi arak dan gak akan bisa diproses jadi gula.

Cara membuat gula pasir dalam proses pemasakan air nira ini kita lakukan sampai air niranya mengental dan berwarna cokelat kekuningan. Tapi perlu Anda  perhatikan, waktu proses pemasakanya.

Karena air niranya ini harus Anda saring untuk membuang kotorannya (berupa serpihan dari sabut tanaman tebu atau pohon aren dan juga buih-buih yang ada disekeliling air niranya), karena kalau Anda tidak buang kotorannya itu, gula yang dihasilkan nanti jadi berasa pahit.

3. Pengkritalan

Langkah  selanjutnya  adalah proses pengkristalan, tujuannya untuk membuat adonan niranya itu menjadi berupa butiran-butiran gula kristal.

Jadi, adonan gula yang sudah mengental tadi Anda dinginkan sebentar, kemudian Anda masukkan ke dalam mesin pembuat gula untuk bisa dilakukan pengadukan biar jadi kristal.

Proses  ini Anda lakukan kurang lebih selama 1 jam, pokoknya sampai adonan gulanya itu menjadi butiran-butiran halus yang merupakan gula pasir.

Tetapi butiran ini masih belum seragam ukurannya, makanya masih perlu Anda lakukan pengadukan sampai benar-benar halus.

4. Pengayakan

Kalau adonan gulanya itu tadi sudah terbentuk menjadi butiran-butiran, langkah selanjutnya itu adalah menyaring gulanya dengan kawat ayakan yang terbuat dari stainless steel, tujuannya itu biar kita bisa mendapatkan gula kristal dengan ukuran yang sama besarnya.

5. Pengemasan

Tahap terakhir itu pengemasan. Gula pasir organik yang sudah jadi bisa segera kita kemas di dalam wadah kaca atau plastik, yang penting harus kering dan tertutup rapat. Kalau teman-teman mau jual hasil produksi gulanya itu ya sebaiknya dikemas dengan kemasan yang menarik biar bisa menarik perhatian konsumen.

Baiklah, kurang lebih itu cara membuat gula pasir yang mudah dan praktis. Bagaimana mudah kan?

Dengan begitu Anda sekarang sudah bisa mulai untuk membuat gula pasir  dan produksi gula pasir sendiri, apalagi gula memang sudah jadi salah satu komoditas yang paling sering dan banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat.

Maka dari itu, bisa kita jadikan sebagai peluang usaha pembuatan gula pasir. Selain itu, gula pasir yang kita produksi itu juga punya kandungan gizi yang lumayan tinggi, karena memang tanpa bahan pengawet apapun, jadi semuanya  masih alami dan segar.

Baca juga artikel  : Berikut Ini Cara Membuat Gulali Tepung Yang Legit Dan Lumer Di Mulut

Dengan demikian artikel tentang  cara membuat gula pasir yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan Semoga SUKSES!