Gula merah dari tebu punya rasa yang manis dan baunya yang seperti gula aren atau gula kelapa. Sekarang ini gula merah dari tebu juga sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Hampir setiap hari gula merah ini digunakan dalam berbagai keperluan. Gak cuma itu, gula merah ini juga baik bagi kesehatan tubuh kita karena gula merah merupakan sumber kalori dan karbohidrat, serta nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh manusia. Cara membuat gula merah dari tebu pun mirip dengan cara pembuatan gula jawa lainnya, hanya saja beda dalam bahan pokoknya.

Berikut cara pembuatan dari databisnisekonomi:

cara membuat gula merah dari tebu

Alat dan Bahan:

Dalam pembuatan gula merah ini kita membutuhkan beberapa alat seperti mesin penggilingan, drum penampung nira, selang plastik, tungku berlubang, anyaman bambu, dan juga sarana penunjang lainnya.

Sementara untuk bahan yang kita perlukan itu ada batang tebu yang sudah ditebang, kapur, dan bahan bakarnya (kita bisa menggunakan limbah atau ampas tebu).

Cara Membuat Gula Merah dari Tebu:

  1. Bersihkan batang tebu.
  2. Giling batang tebu yang sudah bersih dengan alat penggiling, agar menghasilkan air nira tebu berwarna keruh.
  3. Salurkan nira melalui selang plastik, tampung dalam drum atau wadah sambil disaring dengan kain penyaring untuk membuang sisa-sisa ampas tebunya.
  4. Masukkan nira yang sudah bersih ke dalam wajan.
  5. Letakkan wajan pada tungku.
  6. Setelah itu kita tambahkan 0,2% kapur ke dalam wajan untuk memisahkan zat-zat yang buka gula dan biar gulanya jadi gak lembek.
  7. Masukkan bahan bakarnya, termasuk limbah atau ampas tebu sampai niranya mendidih, kalau sudah saring nira tersebut.
  8. Kemudian panaskan lagi niranya untuk bisa menguapkan airnya. Selama pemanasan  buang buihnya yang mengapung di permukaan air niranya, agar tidak memengaruhi mutu gula yang dihasilkan.
  9. Lakukan pengujian nira kental dengan cara meneteskan niranya ke dalam air dingin. Kalau misalnya tetesannya itu memadat di dalam air, berati pemanasannya sudah cukup, tapi kalau tetesannya itu belum nyebar atau larut dalam air, berati pemanasannya harus tetap kita lanjutkan sampai cukup untuk bisa kita cetak.
  10. Angkat nira kentalnya ke dalam wadah sambil diaduk  kurang lebih 15 menit biar cepat dingin, gak lengket, dan warnanya jadi lebih kuning. Kalau suhunya sudah mencapai 60 C, kristalnya itu bisa segera kita cetak.
  11. Masukkan nira kentalnya ke dalam cetakan, dibiarkan selama beberapa waktu sampai dingin menjadi gula merah.
  12. Langkah terakhir  mengemas gula merahnya dalam kemasan.