Gula aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Air nira yang biasanya disadap berasal dari bunga jantan dari pohon aren atau enau. Ayo kita simak lebih lanjut untuk mengetahui cara membuat gula aren asli.

Proses pembuatan gula aren asli lebih sering menggunakan bunga jantan karena nira dari bunga jantan dapat menghasilkan air nira yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh bunga bentina. Selain itu, kualitas air nira dari bunga jantan lebih memuaskan.

Cara Membuat Gula Aren Asli

Bahan :

Begitu keluar dari tandan bunga, nira aren akan langsung mengalami fermentasi. Untuk menjaga nira tetap segar, maka diperlukan penambahan zat pengawet ke dalam tabung penampung. Yang biasa digunakan oleh kelompok petani Arenga Indonesia adalah pengawet alami seperti kulit manggis, cacahan kulit nangka, akar kawao dan beberapa tumbuhan yang memiliki kandungan zat pengawet lainnya.

Jadi bahan yang akan digunakan adalah

  • Nira aren
  • Pengawet alami

Peralatan yang Digunakan

  1. Wajan atau kuali.
  2. Pengaduk terbuat dari kayu atau bambu.
  3. Saringan. Alat yang terbuat dari kain saring halus (kasa).
  4. Cetakan tempurung kelapa atau bambu. Berupa tempurung kelapa atau bambu yang digunakan untuk mencetak gula aren.

Langkah Pembuatan Gula Aren Asli

  1. Penyaringan. Nira harus disaring dengan kain saring atau menggunakan saringan halus yang terbuat dari anyaman kawat tahan karat. Hasil penyaringan disebut nira bersih.
  2. Pemasakan. Nira yang telah disaring kemudian dididihkan di dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Jika apinya terlalu besar nira akan cepat hangus dan gula bisa terasa pahit. Busa dan kotoran yang mengapung selama pendidihan dibuang.
  3. Nira terus dipanaskan sampai volumenya tinggal 8% dari volume semula. Cairan seperti ini sudah dapat disebut sebagai gula cair atau sirup kental.
    Angkat kuali ke tempat dingin, diamkan gula kental selama 5 menit baru kemudian dicetak.

Pencetakan dan Pengemasan

Kini tiba saatnya mencetak gula. Sirup kental yang telah didiamkan selama 5 menit tadi kemudian dituangkan ke dalam cetakan. Jika menggunakan batok kelapa, harus dilubangi diujungnya agar lebih mudah mengeluarkan gula. Isi sampai terisi 1/3 bagian. Setelah agak dingin, sirup dituangkan lagi sampai penuh, dan gula ditunggu sampai mengeras dan dingin.

Gula aren yang telah mengeras dan dingin harus segera dikemas ke dalam wadah tertutup sehingga terhindar dari uap air. Gula aren terkemas ini disimpan ditempat yang tidak panas, dan terhindar dari benturan. Pilih kemasan yang baik agar daya simpan gula aren bertahan lebih lama.

Kandungan Pada Gula Aren

Setiap seratus gram gula kelapa yang mengandung 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin. Gula aren memiliki kandungan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir, sehingga tidak beresiko bagi penderita diabetes atau bagi mereka yang ingin menurunkan kadar lemak tidak jenuh di dalam tubuhnya.

Selain itu tidak ditemukan kolesterol di dalam gula kelapa. Nutrisi mikro yang lain yaitu thiamine, nicotinic acid, riboflavin, niacin, ascorbatic acid, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, protein kasar dan juga garam mineral. Pada kandungan gula kelapa sendiri telah memiliki fungsi masing-masing yaitu :

 

  • Thiamin berfungsi sebagai koenzim dalam metabolism energy, serta menjadi salah satu unsur untuk menguatkan system syaraf.
  • Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, begitu juga dengan kalsium dalam gula kelapa.
  • Abcorbic acid berfungsi sebagai mencegah dan mengatasi terjadinya penyakit kanker dan penyakit asma karena telah memiliki fungsi sebagai antibiotic.
  • Niacin memiliki fungsi yang sama dengan thiamin yaitu mempunyai sifat koenzim, namun hanya satu yang berbeda dalam proses metabolismenya.
  • Niacin berfungsi untuk membantu proses proses metabolism alcohol, glukosa, dan lemak dalam tubuh. Fungsi yang terpenting dalam niacin adalah meningkatkan kerja otak serta menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh. Jadi kandungan gula kelapa ini sangat cocok untuk Anda konsumsi.
  • Kandungan gula aren lainnya adalah energy, zat besi, fosfor,dan protein.