Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa Mesin –  Es krim yummyy :g, Siapa sih yang tak suka dengan makanan yang lembut dan super enak ini? Dari kecil hingga yang muda dan tua sangat menyukainya. Aneh bila ada yang tak suka es krim.

Di masa lalu Es krim sendiri merupakan makanan mewah yang hanya dapat disajikan di acara-acara khusus tersebut. Di masa tersebut, membuat es krim sangat merepotkan. Karena untuk membuatnya diperlukan es dari sebuah danau atau kolam yang membeku di musim dingin.

 

Lalu diambil dan dipotong dalam tumpukan jerami, lubang di tanah, atau tempat manapun dimana es tersebut tidak cepat mencair. Di tempat itulah es disimpan untuk digunakan selama musim panas nanti. Untungnya di zaman sekarang, es krim sudah dapat dengan mudah untuk kita jumpai. Harganya pun berkisar dari yang murah sampai yang mahal. Tergantung dengan budget yang kita miliki, hanya Rp 5.000 saja kita sudah bisa membeli es krim siap saji di supermarket terdekat kalian. Tapi beda cerita jika kalian ingin membuat es krim sendiri.

 

Es krim sendiri merupakan makanan beku dengan bahan dasar susu. Tidak hanya susu saja, pada produk-produk es krim di toko ditambah pula pemanis, perasa, pengemulsi, serta penstabil, bisa juga ditambah dengan buah-buahan.

Seperti yang kita ketahui, es krim dihidangkan sebagai hidangan penutup atau dessert. Atau bisa juga sebagai camilan. Ada banyak sekali rasa dari es krim dan cara membuatnya, dari cara membuat es krim yang sederhana dan mudah, cara membuat es krim goreng hingga es krim buah. Daripada kita cuma membayangkan, langsung saja kita praktekkan cara membuat es krim sederhana dan murah tanpa mesin.

 

Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa Mesin

cara membuat es krim sederhana dan murah tanpa mesin

Bahan:

  • 500 mili whipped dairy cream
  • 400 mlii susu cair full cream
  • 200 gram dark cooking chocolate, potong dadu
  • 50 gram dark cooking chocolate, lelehkan
  • 150 gram dula pasir
  • 50 gram coklat bubuk
  • 4 kuning telur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • Kacang cincang sebagai topping

Cara membuat :

  1. Masukkan susu cair bersamaan dengan vanili bubuk ke dalam panci, masak dengan menggunakan api kecil.
  2. Tambahkan coklat bubuk sedikit demi sedikit dibarengi dengan terus mengaduk agar coklatnya larut. Kemudian diamkan sampai mendidih kemudian angkat.
  3. Sementara itu, kocok kuning telur bersamaan dengan gula pasir hingga mengembang. Lalu tuang dikit demi sedikit susu yang tadi sudah dimasak ke dalam kocokan telur seraya terus diaduk. Pastikan semua bahan menyatu lalu masak lagi didalam panci dengan panas api sedang sampai adonan susu telur mengental. Angkat serta sisihkan.
  4. Di panci yang lain, masaklah whipped dairy cream hingga mendidih, lalu setelah itu masukkan dark cooking chocolate sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk, Masaklah sampai cokelat larut dengan krim nya ya.
  5. Tuangkan adonan susu telur kedalam campuran krim coklat dikit demi sedikit seraya tetap terus diaduk ya. Jika perlu, pakailah mixer supaya kedua adonan tercampur dengan sempurna.
  6. Kemudian ambilah es krim stik atau cetakan agar-agar. lalu tuang adonan es krim kedalam cetakan.
  7. Ambil stik es krim serta dan taruh di pas tengah-tengah lubah setiap cetakan dan juga posisikan sedemikian rupa supaya letaknya tidak bergesar. Kita juga bisa menggunakan kertas karton yang di lubangi sesuai dengan letak lubang cetakan.
  8. Posisikan sedemikian rupa sampai stik es krim dapat diselipkan dilubang karton dan juga letaknya berada pada bagian tengah masing-masing cetakan. Tujuannya supaya stik es krim diam di tempat yangseharusnya. Jika tidak mau repot, pakailah cetakan yang dijual satu set bersama stik plastik.
  9. Lalu setelah itu masukkanlah cetakan es krim kedalam freezer atau kulkas sampai adonan padat.
  10. Sesudah padat serta beku, keluarkan es krim dari cetakan kemudian lalu celupkan kedalam dark cooking chocolate yang telah dicairkan terlebih dahulu serta taburi dengan kacang cincang atau bisa juga kacang mede,sesuaikan selera anda yaa.
  11. Masukkan kembali kedalam freezer supaya lapisan coklatnya mengeras.

Nah , itulah cara membuat es krim  sederhana dan murah tanpa mesin . Cukup mudah bukan ? Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini ya.