Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Es Jagung Hawai Yang Bisa Menyegarkan Tenggorokan

es jagung hawai

Pada artikel kali ini, saya ingin membagikan bagaimana cara membuat es jagung hawai kepada para pembaca semua. Pastinya resep ini sangat mudah sekali untuk dicoba di rumah. Bahannya pun sangat mudah sekali untuk di dapatkan.

Selain gandum dan padi, jagung juga merupakan salah satu sumber pangan penghasil karbohidrat paling penting di dunia. Karna hal ini tanaman jagung menjadi makanan pokok di beberapa wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Jagung pun juga menjadi makanan pokok pada beberapa wilayah Afrika dan Indonesia.

Bukan hanya sebagai makanan pokok untuk manusia, namun jagung juga menjadi komponen yang penting untuk pakan ternak. Jagung juga bisa dijadikan sebagai minyak dan dapat juga diolah sebagai tepung.

Biji buah jagung bisa dipipil dengan menggunakan mesin pemipil jagung. Namun sebelum saya membagikan resep nya, saya ingin menjelaskan silsilah tanaman jagung terlebih dahulu.

Asal Usul Tanaman Jagung

es jagung hawai

Berdasarkan sejarah, budidaya jagung telah ada sejak 7000 tahun lalu pada bagian selatan Meksiko, Amerika Tengah. Hal ini berdasarkan sisa-sisa tongkol jagung kuno yang ditemukan di Gua Guila Naquitz, Lembah Oaxaca. Sisa-sisa tongkol jagung yang ditemukan di gua tersebut pun ditaksir berusia sekitar 6250 tahun.

Dengan penemuan sisa-sisa tongkol jagung utuh tersebut menjadikannya sebagai tongkol jagung tertua yang ada di dunia. Sementara itu, suku Olmek dan Maya diduga sudah membudidayakan jagung di seantero Amerika Tengah sejak 10.000 tahun yang lalu. Suku Olmek dan Maya pun juga telah mengenal berbagai macam teknik pengolahan hasil.

Teknologi ini pun akhirnya dibawa ke Equador, Amerika Selatan sekitar 7000 tahun lalu. Dan 4000 tahun yang lalu sudah mencapai daerah pegunungan selatan Peru. Pada saat itulah mulai berkembang tanaman jagung yang bisa beradaptasi pada suhu rendah di kawasan Pegunungan Andes. Kemudian sejak 2500 SM tanaman jagung telah dikenal di semua penjuru benua Amerika.

Masuknya Jagung Pada Nusantara

jagung

Hal ini kemudian berlanjut dengan kedatangan orang-orang Eropa ke benua Amerika pada abad ke 15. Mereka membawa serta semua jenis-jenis jagung ke dunia, termasuk ke Asia. Pengembaraan jagung di Asia pun semakin dipercepat dengan terbukanya jalur barat. Jalur barat tersebut di pelopori oleh arada laut yang dipimpinoleh Ferdinand Magellan yang melintasi Samudera Pasifik.

Di tempat-tempat baru ini tanaman jagung sangat mudah untuk beradaptasi karena tanaman ini memiliki plastisitas fenotipe yang tinggi. Di Nusantara sendiri, tanaman jagung diperkirakan masuk sekitar abad ke-16 dibawa oleh penjelajah Portugis. Masuknya tanaman jagung di Indonesia pun juga menimbulkan beragam penamaan untuk menyebut tanaman jagung ini.

Kata jagung merupakan singkatan dari kata “Jawa Agung” atau dalam bahasa Jawa memiliki arti “Jewawut Besar”. Sementara itu di beberapa wilayah di Indonesia pun memiliki sebutan yang berbeda untuk tanaman jagung ini. Contohnya seperti di Sunda, Aceh, Batak, dan Ambon penamaannya menjadi “Jagong”.

Resep Es Jagung Hawai

es jagung hawai

Bahan-bahan :

  • 2 buah jagung manis berukuran sedang
  • 800 ml air
  • 2 sachet susu kental manis putih
  • 90 gram gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena
  • ½ sachet vanili
  • 2 sdm air
  • 90 gram gula pasir
  • Es batu secukupnya
  • Jelly atau agar-agar dipotong dadu

Cara Membuat Es Jagung Hawai :

  1. Sisir jagung terlebih dahulu, kemudian cuci bersih lalu blender jagung yang sudah dicuci bersih dengan air sebanyak 400 ml.
  2. Rebus air kemudian tambahkan gula dan pewarna makanan, biarkan sampai mendidih.
  3. Setelah air mendidih. Masukkan jagung yang telah diblender halus tadi, kemudian biarkan lagi hingga mendidih
  4. Setelah itu, tambahkan larutan dari tepung maizena. Aduk sampai mengental.
  5. Setelah rebusan jagung tersebut mengental, baru kemudian ditambahkan vanilli dan kental manis. Aduk kembali sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih, matikan api dan tunggu hingga adonan jagung tersebut dingin.

Cara Penyajian Es Jagung Hawai :

Siapkan gelas, lalu beri 1 sdm jelly, secukupnya es batu, lalu tuangkanlah adonan jagung yang sudah dingin ke dalamnya. Beri susu kental manis sesuai selera. Aduk sampai tercampur rata. Es jagung hawai siap dinikmati.

Itulah resep saya mengenai cara membuat es jagung hawai. Semoga resep ini bisa berguna untuk semua pembaca. Saya ucapkan terimakasih, karena telah menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel saya.

Theme by Anders Norén