Cara membuat es doger betawi adalah resep yang sebenarnya sama dengan resep es doger biasa namun dalam cara membuat es doger betawi ini ada beberapa bahan tambahan yang menjadikan khas.

Untuk cara membuat es doger betawi ini sendi juga hampir sama dengan membuat es doger pada umumnya yang membedakan hanya dari es nya.

Dalam es doger betawi menggunakan es serut yang diberi santan dan sirup. Berbeda dengan es doger yang biasa nya santan, es, dan sirup sudah menjadi satu dan tinggal menambahkan topping nya.

Manfaat Alpukat :

1 Menjaga Kesehatan Jantung

Di negara maju penyakit jantung adalah penyebab utama dari kematian dan bahkan mulai merambat ke negara berkembang juga.
Jika kalian ingin memiliki jantung yang sehat pertimbangkanlah untuk memakan buah alpukat setiap hari. sebab buah alpukat memilki kandungan lemak tak jenuh yang sangat berguna untuk jantung.

2 Menjaga Kesehatan Mata

Bagi seorang blogger menjaga organ mata adalah hal yang paling penting. selain menggunkan kacamata saat di depan komputer atau laptop kalian juga bisa melindungi mata dengan sering memakan buah alpukat. alpukat memiliki kandungan KAROTENOID LUTEIN yang berfungsi untuk menjaga mata dari proses katarak.
 

3 Mencegah Kanker

Jika kalian ingin terhindar dari kanker maka sering seringlah memakan buah alpukat, sebab buah alpukat memiliki kandungan serat yang banyak yang baik baik untuk perut dan bisa mencegah kanker usus besar juga mampu melawan sel kanker payudara.

4 Mengontrol  berat badan anda

Walaupun tinggi lemak dan kalori memakan buah alpukat setiap hari tetap bisa membuat badan kamu tetap kurus.
Buah ini cocok banget bagi mereka yang sedang memlakukan program diet.

5 Mencegah Diabetes

Buah alpukat memiliki kandungan asam oleat yang mampu mencegah masalah diabetes.
Selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang memiliki fungsi sebagai pengurang kandungan trigliserida dan mampu mengontrol kadar gula dalam darah.
 

6 Mencerahkan Kulit

Orang jepang biasanya menambahkan buah alpukat pada suhsi itu sebabnya mereka orang jepang memilki kulit yang cerah.
Alasan ilmiahnya alpukat kaya akan vitamin D dan E serta lemak omega 3 yang sangat baik untuk kulit dan membantu kulit untuk cepat meregenerasi kulit mati

7 Mencegah peradangan sendi

Buah alpukat juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendi sebab dalam alpukat ada kandungan yang dikenal dengan pitosterol yang bermanfaat sebagai zat anti inflamsi.

8 Mencegah bau Nafas

Memiliki masalah bau mulut merupakan masalah yang kurang baik karena bisa menurunkan rasa percaya diri. untuk mencegah bau mulut seringlah memakan buah alpukat sebab buah alpukat akan membersihkan usus anda.
 

9 Mencegah Stroke

Buah alpukat kaya dengan asam folat, itu berati buah alpukat sangat mampu mencegah serangan stroke.

10 . Meningkatkan Penyerapan Gizi

Buah alpukat memiliki kandungan senyawan karotenoid yang akan membantu tubuh anda untuk meningkatkan penyerapan gizi dari makanan yang kalian konsumsi.

Bahan Es Doger :

  1. 1 kg es batu, serut
  2. 350 gram tapai singkok, potong dadu
  3. 150 gram ketan hitam, rebus
  4. 100 gram pacar cina, rebus
  5. 2 buah avokad, potong-potong
  6. 1 buah kelapa muda, serut daging buahnya
  7. 500 ml santan kental
  8. 300 ml sirup coco pandan (siap pakai)
  9. Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Es Doger :

  1. Rebus santan hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
  2. Tata tapai singkong, katan hitam, pacar cina, avokad dan kelapa muda di dalam mangkuk.
  3. Tambahkan es serut, siram dengan santan, sirup, dan susu kental manis. Sajikan.

Manfaat Buah Dalam Es Doger :

Selain segar, es doger juga sangat sehat karena beberapa buah yang dicampur dalam setiap sajiannya. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.

Nangka kaya magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.

Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu memperlancar pengeluaran air seni. Jangan lupa, air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain sehingga menjadikannya lebih cepat diserap darah.

Jadi, kalau membuat es doger, air kelapanya jangan dibuang ya!