Dibanding dengan coklat bubuk, barangkali anda lebih familiar dengan coklat batangan bukan? Padahal keduanya sama-sama berasal dari bahan dasar biji coklat, hanya saja cara membuatnya yang berbeda, mau tahu cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Coklat adalah makanan manis yang lezat dan sedikit pahit. Meski sedikit mahal, banyak orang yang tetap membeli makanan ini karena suka atau memang untuk mendapatkan manfaatnya. Benar, manfaat makan coklat memang banyak jadi tidak sekedar sebagai camilan saja loh ya.

Nah, coklat sendiri sebenarnya bisa dikonsumsi dalam bentuk serbuk (bahan dasar membuat minuman) atau dikonsumsi sebagai coklat batangan. Jenis coklat batangan ini lah yang lebih banyak dijumpai di toko-toko, dan rasanya pun manis karena sudah ditambah dengan susu atau gula.

Tidak harus membeli, ternyata, anda pun bisa membuat sendiri coklat batangan tersebut, bahan nya sederhana dan caranya pun sangat mudah. Sebelumnya mari kita kenali dulu dua jenis coklat.

Dua Jenis Coklat

cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk

Coklat batangan yang biasa kita makan ternyata ada yang dibuat dari coklat batangan namun ada juga yang dibuat dari coklat bubuk. Nah ini lah dua jenis coklat tersebut:

1.Coklat yang dibuat dari bahan coklat yaitu coklat yang sudah jadi berupa coklat batangan. Coklat jenis ini juga memiliki variasi warna yang lebih banyak daripada coklat biasa.

Cara membuat coklat jenis ini adalah dengan mencetak ulang coklat batangan yang sudah ditim terlebih dahulu. Setelah coklat batangan mencair kemudian dicetak sesuai keinginan anda, masukkan cetakan ke lemari pendingin. Maka jadilah coklat batangan yang manis dan berwarna-warni.

2. Coklat yang dibuat dari coklat bubuk yaitu coklat batangan yang dibuat dari bubuk kakao yang sering digunakan untuk campuran kue. Nah jenis coklat ini yang akan kita bahas lebih jauh bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk

Bahan-Bahan

  • Coklat bubuk/bubuk kakao
  • Gula
  • Tepung maizena
  • Susu cair

Langkah-langkah Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk

  1. Ambil 2 sdm coklat bubuk
  2. Ambil tepung maizena 1-1,5 sdm
  3. Ambil Gula dan susu secukupnya
  4. Masukkan semuanya ke dalam wadah dan aduk sampai tercampur rata.
  5. Masak semua bahan diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk.
  6. Aduk terus sampai adonan berubah warna menjadi agak kehitaman.
  7. Siapkan cetakan lalu cetak adonan coklat.
  8. Masukkan ke lemari pendingin.
  9. Coklat batangan pun telah siap.

Tips Memilih Coklat

Selain tahu cara membuat coklat batangan, perlu juga untuk anda tahu tips memilih coklat yang baik. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memilih coklat yang baik ini, diantaranya adalah:

1.Cara paling mudah adalah dengan mengecek kemasan yang menunjukkan komposisi coklat.

Jika komposisi dalam kemasan menunjukan prosentase yang tinggi kandungan kakao nya maka hal itu menunjukkan bahwa lemak kakao nya banyak dan kadar gula yang rendah. Nah pilih coklat yang memiliki rasa pahit jika anda ingin mengolahnya kembali menjadi coklat batangan, misalknya dark chocolate.

2. Kedua, maksimalkan kelima panca indera anda. Lihat warna coklat, pilih coklat dengan warna mengkilap tanpa adanya serbuk putih, goresan, gelembung udara, atau retakan karena itu menunjukkan bahwa coklat masih fresh.

Warna hitam tidak selalu menjadi jaminan bahwa coklat bagus dan sempurna. Bisa jadi warna tersebut karena biji coklat dipanggang terlalu lama. Pilih coklat dengan warna polos seperti warna kayu mahoni yang agak kemerahan.

3. Cium aroma coklat, coklat yang baik memiliki aroma klasik dan komplek khas coklat. Jika aromanya terlalu kuat justru menunjukkan bahwa kualitasnya kurang baik.

4. Dengarkan suara saat coklat dipatahkan, jika saat dipatahkan terdengar suara patahan yang nyaring maka itu menunjukkan coklat dengan kualitas baik.

5. Sentuh permukaan coklat dan rasakan teksturnya. Coklat yang baik tidak lengket dan tetap licin.

6. Terakhir icip coklat, coklat yang baik akan lumer dan mulus dalam mulut. Setelah ditelah jejak yang tertinggal hanyalah aroma khas coklat bukan rasa lengket yang tetap di langit-langit mulut.

Mudah bukan cara membuat coklat batangan, nah agar tidak terlalu pahit, semua takaran harus pas. Selamat mencoba!