Cara Membuat Capcay Goreng Sederhana Dengan Mudah

cara membuat capcay goreng sederhana

Cara membuat capcay goreng sederhana dengan mudah, sebelum masuk ke cara pembuatannya alangkah baikknya kita kupas sedikit mengenai capcay itu sendiri beserta manfaatnya.

Capcay

Capcay (pinyin: zasui) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Capcai adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran.

Pengertian lainnya mengenai capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran dipotong kecil-kecil dan kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang, dan daging ayam.

Dan menurut catatan sejarah, capcay goreng memang terhidang sebagai salah satu menu. Versi lain yang lebih kuno, menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari dinasti Qing. Dimana jerohan di masak bersama sayur-sayuran untuk membuatnya tampil lebih elok dan lebih sehat.

Manfaat capcay

1. Melawan sel kanker

Khasiat capcay yang pertama dapat membantu melawan sel kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada dalam makanan ini berguna untuk menurunkan resiko kanker. Oleh karena itu, makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Mencegah gangguan pada mata

Jika anda mengalami gangguan mata maka dapat dicegah dengan mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini bermanfaat untuk mencegah gangguan mata dan juga kebutaan. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk menjaga kesehatan mata anda.

3. Mencegah peradangan

Peradangan merupakan reaksi tubuh untuk perlindungan diri. Reaksi ini bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya seperti sel yang rusak atau adanya iritasi. Untuk mencegah peradangan anda bisa banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam capcay berguna sebagai anti-inflamasi yang melindungi tubuh.

4. Menunda penuaan dini

Jika anda selalu ingin terlihat awet muda maka anda bisa rutin mengkonsumsi capcay ini. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk menunda penuaan.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Imunitas atau kekebalan sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah bakteri atau penyakit agar tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk meningkatkan imunitas tubuh anda bisa rutin mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh.

6. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi capcay ini. Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya akan berguna untuk mencegah penyakit dan juga serangan jantung. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

7. Melindungi otak

Manfaat lainnya dari capcay juga berguna untuk melindungi otak. Kandungan yang ada di dalamnya membantu dalam melindungi sistem saraf pusat sehingga mampu menjaga fungsi dan kinerja otak. Oleh karena itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

8. Mencegah penyakit degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan terhadap organ tubuh. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan banyak mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mencegah penyakit degenaratif yang sering disebabkan dengan bertambahnya usia. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsinya.

9. Menjaga kesehatan rambut

Jika anda sering menguluh karena masalah rambut maka makanan ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan rambut anda. Dengan rutin mengkonsumsi capcay akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

10. Melindungi sistem saraf

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut capcay juga sangat bermanfaat untuk melindungi sistem saraf. Organ ini berfungsi untuk mengatur seluruh aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk melindungi sistem saraf agar bekerja dengan baik.

langsung saja ke cara membuat capcay goreng dengan mudah

Bahan-Bahan Cara Membuat Capcay Goreng Sederhana Dengan mudah

  1. 5 bh jagung muda, potong serong
  2. 5 bh kembang kol, belah dua
  3. 5 bh brokoli, belah dua
  4. 5 btg buncis, iris serong
  5. 1 btg wortel, iris tipis
  6. 6 bh jamur kancing, belah dua
  7. 6 btr bakso sapi, iris
  8. 6 ekor udang kupas
  9. 10 bh kapri muda, iris serong
  10. 1 bh caisim, potong sedang
  11. 1 bh sawi, potong sedang

Bumbu-Bumbu Cara Membuat Capcay Goreng Sederhana Dengan Mudah

  1. 4 siung bawang merah, cincang halus
  2. 2 siung bawang putih, cincang halus
  3. 1 bh bawang bombay, potong dadu
  4. 1 btg daun bawang, potong pendek
  5. 1 bh tomat, potong dadu
  6. 2 cm jahe, memarkan
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1/2 sdt merica bubuk
  10. 2 sdm saus tiram
  11. 1 sdm kecap manis
  12. 1 sdm tepung maizena
  13. 50 ml kaldu ayam cair

Cara Membuat Capcay Goreng Sederhana Dengan mudah

  1. kupas beberapa bumbu yang sudah tertera di atas, dapat secara manual ataupun dapat menggunakan alat bantu mesin
  2. Siapkan semua bahan dan pastikan sudah dicuci bersih sebelumnya, siapkan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, sisihkan.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Masukkan tomat, jahe dan daun bawang, tumis sebentar hingga daun bawang agak layu.
  5. Masukkan semua bahan, tumis sebentar.
  6. Bubuhkan garam, gula pasir, merica bubuk, saus tiram dan kecap manis. Aduk rata.
  7. Terakhir, masukkan larutan tepung maizena dan kaldu ayam cair, masak hingga air menyusut dan kaldu mengental.
  8. Angkat dan sajikan hangat.

 

untuk dapat mengakses resep kami yang lainnya dengan lebih mudah, kunjungi facebook kami : https://web.facebook.com/?_rdc=1&_rdr