Kali ini kita akan belajar cara membuat briket arang shisha.

Briket adalah sebuah bahan bakar yang dibakar untuk memulai dan mempertahankan api. Yang paling sering digunakan adalah briket arang, briket gambut, batu bara, dan biomassa.

Di tahun 2008 sampai dengan 2012, briket ini menjadi salah satu agenda riset energi institut pertanian bogor.

Bahan baku dari briket ini diketahui sering ada di lingkungan pertanian. Karena bahan dari biomassa ini bisa juga dari limbah hasil dari pertanian. Briket ini sering sering digunakan terutama yang berasal dari biomassa dapat menjadi pengganti dari bahan bakar fosil.

Kata riket ini identik dengan batubara. Ketika mendengar kata briket orang langsung berfikir tentang salah satu bahan bakar alternatif yang menjadi pengganti bahan bakar fosil.

Seiring dengan berjalannya waktu kini briket bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti briket sampah, briket bambu, briket sekam, briket serbuk gergaji, briket kulit kacang dan briket batok kelapa.

Dari beberapa bahan diatas saya akan saya memilih briket termpurung kelapa. Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara membuat briket arang. Kita langsung saja ke cara membuat briket batok arang shisha.

Cara Membuat Briket Arang Shisha Dari Batok Kelapa

Siapkan terlebih dahulu bahan bahan dan untuk membuat briket batok kelapa. Dibawah ini adalah bahan dan alat untuk membuat briket batok kelapa.

Bahan-bahan :

  • Tempurung kelapa
  • Air
  • Tepung kanji
  • Pipa paralon (bila diperlukan)

Nah jika sudah disiapkan bahan- bahan dan alat kita lanjut ke langkah- langkah dalam cara membuat briket arang shisha.

1. Buat Bahan Dasar

Langkah pertama yang harus kita lakukan itu membakar serbuk gergaji dan tempurung kelapanya sampai hangus, terus kita tumbuk sampai halus dan diayak dengan ukuran kelolosan 50 mesh dan 70 mesh. Tujuannya itu untuk bisa menghasilkan serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus.

2. Membuat Adonan

Kalau sudah, langkah selanjutnya itu kita buat adodan dari tepung kanji, gak susah kok, cuma tepung kanji kita taruh di wadah, kita kasih air, terus tinggal kita aduk-aduk.

3.Proses Pencampuran

Selanjutnya kita campurkan bubuk dari tempurung kelapa tadi dengan adonan kanji yang sudah kita bikin. Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang sudah kita saring selanjutnya kita campur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%. Nah pada saat pencampuran ini kita tambahkan dengan lem kanji yang sudah kita bikin tadi sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

4. Pencatakan

Setelah itu kita bentuk menjadi bola-bola kecil atau bisa juga kita masukan kedalam pipa paralon. Anda bisa mencetaknya sesuai keinginan anda bisa menggunakan cetakan sesuai dengan keinginan anda.

5. Pengeringan

Nah yang terakhir adalah proses pengeringan. Setelah briket dicatak kita jemur briket di tempat terbuka dibawah sinar matahari agar briket cepat kering. Setelah kering pindahkan ke tempat yang penyimpanan untuk nantinya dijual atau bisa langsung digunakan.

Nah itulah cara membuat briket batok kelapa shisha.

 

Keunggulan Dari Briket Batok Kelapa

Sekarang saya akan share apa aja sih keunggulan dari briket batok kelapa ini. Sampai-sampai dari kalangan masyarakat dan industri membutuhkan briket batok kelapa ini dalam kegiatannya.

Berdasarkan penelitian briket batok kelapa ini memang memiliki banyak sekali keunggulan. Jiika kita bandingkan antara briket batok kelapa dengan briket yang berbahan dasar dari arang kayu atau bahan bakar yang lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa keunggulan dari briket batok kelapa.

1.Energi terbarukan

Selain belajar cara membuat briket arang shisha kita akan belajar keunggulan briket batok kelapa. Keunggulan yang pertama dari briket batok kelapa ini adalah energi terbarukan. Maksud dari energi terbarukan ini adalah energi yang bisa kita peroleh dan bersumber dari sumber daya alam. Karena bahan baku dari briket ini merupakan hasil dari proses alam yang berkelanjutan.

Jadi tidak akan ada habis-habisnya karena akan selalu terus diproduksi oleh alam. Briket batok kelapa ini termasuk kedalam kategori Biomassa. Biomassa adalah salah satu jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan-bahab biologis yang berasal dari organisme hidup. ada beberapa contoh sumber biomassa yang anda ketahui dan sering kita gunakan adalah bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan juga alkohol.

2. Panas yang dihasilkan maksimal

Selain belajar cara membuat briket arang shisha kita akan belajar keunggulan briket batok kelapa. Keunggulan yang ke dua dari briket batok kelapa ini adalah panas yang dihasilkan maksimal.

Keunggulan dari briket batok kelapa ini sangat dicari oleh banyak orang karena itu briket batok kelapa sering menjadi pilihan dalam memilih bahan bakar. Briket batok kelapa ini tidak seperti briket batu bara, ternyata tingkat panas yang dihasilkan briket batok kelapa ini lumayan tinggi , sampai dengan 7000 kal.

Jadi briket batok kelapa ini merupakan bahan bakar yang tinggi kalori, sehingga dapat membantu proses dalam memasak kita jadi lebih cepat matang dengan sempurna.

3. Tidak beracun

Selain belajar cara membuat briket arang shisha kita akan belajar keunggulan briket batok kelapa. Keunggulan yang ke tiga dari briket batok kelapa ini adalah tidak beracun. Jika anda khawatir briket ini membuat kita keracunan, anda tidak perlu khawatir karena briket batok kelapa ini tidak beracun.

Karena dalam proses pembuatan briket batok kelapa ini memang dibuat dengan proses yang alami, sehingga briket ini aman untuk kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari

Bahan lain dalam membuat briket batok kelapa ini hanyalan tepung tapioka. Tepung tapiokan yang menjadi bahan dalam briket batok kelapa ini berfungsi sebagai perekat dari adonan briket.

Dan tepung tapioka ini berasal dari singkong sehingga benar benar alami. Sehingga briket batok kelapa ini menjadi material yang aman dan gak beracun (non-toxic) sehingga anda bisa menggunakannya tampa takut keracunan.

4. Tidak berasap

Selain belajar cara membuat briket arang shisha kita akan belajar keunggulan briket batok kelapa. Keunggulan yang ke empat dari briket batok kelapa ini adalah tidak berasap. Maksud dari tidak berasap ini adalah ketika briket batok kelapa ini dibakar tidak mengeluarkan atau menghasilkan asap.

Karena biasanya arang itu pasti akan mengeluarkan asap yang banyak, contohnya bisa kita melihat jika sedang bakar sate, asap yang mengepul pasti sangat banyak. Meskipun berasap banyak aroma dari asap yang berasal dari pembakaran satenya enak sih.

Tapi beda dengan briket batok kelapa ini. Ketika dibakar, asap yang dihasilkan itu sangat sedikit, bahkan hampir gak berasap, jadi ya gak akan mengganggu lingkungan.

5. Go Green Energy

Selain belajar cara membuat briket arang shisha kita akan belajar keunggulan briket batok kelapa. Keunggulan yang ke lima dari briket batok kelapa ini adalah go green energy. Nah Ini adalah salah satu keunggulan dari briket batok kelapa yang paling terkenal.

Keunggulan Go Green Energy ini adalah sebutan untuk sumber energi yang bersahabat bagi lingkungan hidup. Dengan keunggulan briket batok kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa dan juga bahan tambahan alami tepung tapioka, jadi kalau kita bakar gak akan berasap, makanya briket arang tempurung kelapa ini sangat ramah terhadap lingkungan.

Jadi jika anda ingin menggunakan bahan bakar yang murah tapi memiliki kualitas yang bagus dan juga ramah lingkungan anda bisa mencoba menggunakan briket batok kelapa ini. Dengan begitu penggunaan bahan bakar fosil bisa diminimalisir dan tidak menyebabkan polusi udara dengan asap yang dihasilkan.

Nah itulah beberapa keunggulan dari briket arang dan cara membuat briket arang shisha. Semoga bermanfaat.