Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang

Cara membuat kue bolu kukus pisang memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat karena proses pembuatannya yang cukup mudah. Bolu kukus adalah salah satu jenis bolu yang paling digemari oleh masyarat. Penyebabnya adalah cara membuatnya yang mudah dan tidak membutuhkan oven sesuai namanya, bolu ini memang dibuat dengan mengukus adonan yang sudah dibuat.

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang

Bahan :

  • Pisang ambon 6 buah
  • Mentega 6 sdm
  • Vanila 4 sdt
  • Tepung terigu kadar rotein sedang 200 gram
  • Coklat halus 40 gram
  • Vanili bubuk 4 sdt
  • Baking powder 2 sdt
  • Telur ayam 4 btr
  • Garam 2 sdt
  • Gula pasir 200 gram

Cara membuat bolu pisang :

  1. Terlebih dahulu pisang di haluskan hingga benar-benar halus dan lembut, untuk menghaluskan pisang bisa menggunakan sendok dengan cara di tekan-tekan atau juga bisa menggunakan blender.
  2. Untuk memudahkan adonan tercampur, mentega di cairkan dengan cara di panaskan lalu mentega setelah cair campurkan ke dalam adonan yang lainnya.
  3. Sediakan sebuah wadah yang besar untuk membuat adonan, masukan telur sambil di kocok hingga lembut dan mengembang, lalu tambahkan gula pasir, coklat bubuk, garam, tepung terigu aduk lagi hingga benar-benar tercampur dan rata.
  4. Tambahkan vanila bubuk, baking powder, dan aduk sampai rata kembali. Setelah adonan semuanya rata, lalu pisang yang telah di lembutkan masukan ke dalam adonan dan campurkan hingga rata. Sediakan loyang lalu olesi dengan mentega agar adonan tidak lengket
  5. Masukan adonan kedalam loyang, kemudian adonan di kukus dengan menggunakan api yang kecil saja hingga adonan matang.
  6. Untuk mencoba atau mengecek kue matang atau belum, bisa menggunakan lidi atau garpu.
  7. Angkat dan siap di sajikan

Bagaiaman mudah bukan??? Adonan setelah matang anda bisa iris dengan irisan kecil atau sesuai selera anda dan siap untuk di hidangkan di meja makan atau di ruang tamu untuk di nikmati bersama keluarga anda. yuk,, baca juga artikel berikut

Cara membuat bolu pisang panggang

Berikut ini kami tampilkan cara membuat bolu pisang panggang yang enak dengan bahan-bahan sederhana. Pastikan pisang yang digunakan matang.

Bahan:

  • 4 Buah pisang matang
  • 200 Gram tepung terigu serba guna
  • 250 Gula pasir
  • 250 Gram minyak sayur
  • 4 Butir telur ayam
  • 1 Sendok teh SP/TBM
  • 1/2 Sendok teh baking powder

Cara membuat bolu pisang panggang:

  1. Kocok telur ayam, gula pasir, SP, dan baking powder dengan mixer berkecepatan tinggi sampai berwarna putih.
  2. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, minyak sayur, dan pisang yang sudah dilumatkan. Aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius.
  4. Olesi loyang menggunakan dengan minyak goreng dan tuangi sedikit tepung terigu. Tuang adonan ke dalamnya, kemudian panggang selama 30 menit.
  5. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian keluarkan dari oven.
  6. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan.

Manfaat Pisang

  1. Pisang adalah salah satu buah tropis berkalori tinggi. 100 gram dagingnya mengandung 90 kalori. Selain itu, ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin.
  2. Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energi dan merevitalisasi tubuh. Jadi, untuk kualitas ini, ini adalah salah satu gigitan cepat favorit di kalangan atlet untuk mendapatkan energi instan. Ini juga merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi.
  3. Buah pisang memiliki jumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100 gram) yang membantu dalam buang air besar secara teratur; sehingga mengurangi masalah sembelit.
  4. Pisang mengandung kesehatan yang mempromosikan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten; meskipun, dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  5. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik (pyridoxine); menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan. Pyridoxine adalah vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia. Selanjutnya, ini membantu menurunkan homosistein (salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner (PJK) dan episode stroke) di dalam tubuh manusia.

Theme by Anders Norén