Siapa pun pasti mau mencoba cara membuat bawang goreng renyah crispy dan menjalankan usaha bawang goreng yang bisa untuk menambah penghasilan yang lumayan untuk kehidupan sehari-hari.

Apalagi untuk ibu-ibu rumah tangga yang biasanya selalu membutuhkan biaya tambahan untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Untuk memanfaatkan waktu selain mengurusi urusan rumah tangga, maka bisa digunakkan dengan baik waktu senggangnya tersebut dengan memulai usaha bawang goreng crispy.

Usaha bawang goreng ini memiliki prospek yang sangat bagus. Oleh karena itu bisnis bawang goreng menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan terbuka bagi siapa pun dijalan.  Bawang goreng ini menjadi produk memasak yang banyak dicari oleh banyak orang.

Dengan adanya produk bawang goreng  lebih memudahkan masyarakat karena tidak perlu lagi mengupas bawang, mengiris bawang, dan menggoreng bawang. Sehingga tinggal menggunakannya saja sesuai dengan kebutuhan.

Apabila tertarik untuk memulai bisnis bawang goreng akan lebih baik bila Anda mengetahui beberapa persiapan untuk bisnis bawang goreng dibawah ini :

Kalian juga bisa mencoba usaha rumahan ibu rumah tangga yang unik

Info Bisnis Bawang Goreng

Bawang goreng salah satu produk yang dapat dijadikan bumbu memasak supaya menghasilkan rasa dan aroma yang sedap. Masakan akan terasa kurang mantap bila belum diberi tambahan bawang goreng. Sehingga bawang goreng selalu dibutuhkan disetiap proses memasak.

Bawang goreng selain sebagai penguat rasa masakan juga mampu mempercantik hidangan masakan. Supaya lebih praktis maka telah ada bawang goreng instan yang siap digunakan sehingga tidak perlu lagi membuatnya.

Proses pembuatan yang memakan waktu lama membuat banyak kalangan lebih memilih membeli produk bawang goreng yang telah jadi. Dengan melihat fungsi dan banyak yang membutuhkan bawang goreng maka bisa dimanfaatkan dengan baik seperti membuka bisnis bawang goreng.

Prospek dari usaha bawang goreng sangat bagus jadi akan mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha.

Prospek Bisnis Bawang Goreng

Prospek usaha bawang goreng ini sangat bagus sekali sehingga mampu menambah keuntungan. Namun ada kalanya harga bawang goreng tidak stabil sehingga biasa mengelami kenaikan mulai dari harga Rp. 30.000 hingga Rp. 85.000 untuk per kg.

Sehingga keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar. Tetapi jika pasokan yang diberikan cukup melimpah biasanya harga bisa normal dan mampu memberikan keuntungan besar.

Bisnis bawang goreng memang mampu memberikan keuntungan yang tak terduga. Proses pengelolaan bisnis bawang goreng memang perlu sekali diperhatikan supaya dapat memperoleh keuntungan maksimal.

Cara Membuat Bawang Goreng Crispy

Bahan-bahan Bawang Goreng :

  • Bawang merah 250 gram (kupas lalu cuci bersih)
  • Minyak banyak untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah :

  1. Langkah awal iris tipis bawang merah, lalu taburi dengan sedikit garam. Remas-remas pelasn agar garam meresap. ( Jangan over meremas ya bun, apa lagi sampai hancur. Cukup sampai garam merata saja ya )
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, masukkan bawang kedalam minyak panas, goreng dengan api kecil atau sedang dengan terus diaduk agar matang merata. Ketika bawang sudah terlihat tidak basah dan sedikit kecoklatan (menguning) segera angkat. Tidak perlu menunggu bawang sampai berwarna cokelat ya karena bisa dipastikan bawang akan gosong dan hitam bila menunggu bawang sampai cokelat.
  3. Kemudian angkat dan tiriskan bawang goreng di atas tisue dapur dengan agak di sebar yang bertujuan agar minyak terserap dan bawang cepat kering tidak mengandung banyak minyak dan menghasilkan bawang goreng yang super renyah.
  4. Bila sudah dingin segera masukkan bawang goreng kering ke dalam wadah kedap udara dan siap digunakan untuk pelengkap aneka masakan. Seperti bakso, sup, soto, mie ayam, opor ayam, karedok, ketoprak.

5 Tips Membuat Bawang Goreng Agar Enak, Renyah dan Tahan Lama

1.Pertama, pilihlah bawang merah yang berkualitas. Untuk hasil yang renyah dan crispy, silahkan pilih bawang goreng yang masih segar dengan ukuran yang sedang atau besar.

2. Kemudian tips yang kedua adalah perhatikan proses pengirisan. Untuk mendapatkan bawang merah goreng terbaik iris bawang goreng tipis dan jangan terlalu tebal. Karena dapat membuat bawang goreng hasilnya lembek, berminyak dan tidak renyah.

Agar lebih praktis bisa gunakan alat pengiris bawang agar hasil irisannya tipis merata.

3. Yang ketiga silahkan tambahkan tepung maizena serta garam agar hasilnya crispy. Caranya setelah diiris-iris tambahkan garam secukupnya, diamkan sebentar agar garam meresap. Setelah itu taburi dengan tepung maizena secukupnya.

Untuk 1 kg bawang membutuhkan kurang lebih 1 hingga 1 1/2 sendok makan tepung maizena saja. Diamkan sebentar, lalu goreng. Dengan cara seperti ini dijamin hasil resep bawang goreng akan kriuk-kriuk kering renyah.

4. Bunda harus sabar ketika proses penggorengan, karena untuk membuat bawang goreng dengan tampilan cantik anda dituntut menggoreng bawang dengan api yang kecil atau sedang.

Alasannya karena bawang goreng cepat sekali menjadi gosong jika digoreng dengan minyak yang terlalu panas. Goreng dan aduk dengan cepat, lalu segera angkat begitu bawang goreng mulai menguning. Jangan sampai telat karena bawang goreng masih akan bertambah kuning sesaat setelah diangkat. Layaknya menggoreng kerupuk saja.

5. Tips terakhir simpan bawang goreng renyah di wadah tertutup dan kedap udara. Untuk bawang goreng yang sudah diangkat dan ditiriskan sebaiknya segera dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup atau toples kedap udara supaya tidak melempem.

Sebelum dimasukkan ke wadah pastikan terlebih dahulu jika minyak goreng sudah habis dengan cara ditiriskn di atas tisu makan. Karena minyak goreng yang berlebihan akan membuat bawang goreng cepat menjadi tengik. Nah agar ingin lebih awet bisa juga disimpan ke dalam lemari pendingin ( kulkas ).

Demikianlah sedikit pembahasan dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca nya.