Cara Membuat Bakso Yang Lembut Kenyal dan Enak Lezat – Bakso merupakan jenis makanan yang cukup terkenal di Indonesia, hampir semua daerah di Indonesia mengenal masakan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan sedap sering menjadi pilihan favorit sebagai makanan kuliner.

Untuk menemukan makanan yang satu ini juga  sangat mudah karena di setiap tempat pasti ada msksnsn ini. Namun akhir-akhir ini banyak media menyebut banyak sekali para pedagang atau pembuat bakso tidak beranggung jawab menggunakan bahan-bahan yang tidak layak dikonsumsi untuk keuntungan semata.

Mulai dari penambahan bahan pengawet (formalin), penggunaan daging babi/celeng sampai bahan pengawet berbahaya menjadikan kita terkadang takut untuk jajan sembarangan.

Namun karena anda takut bukan berarti anda tidak bisa menyantap makanan satu ini. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dan tentu saja aman karena anda sendiri yang membuat dan memasaknya sehingga mengetahui betul bahan-bahan yang anda gunakan.

Membuat bakso itu sangat mudah, yang terpenting adalah campuran bahan dasar dengan penambah rasanya pas.

Anda juga bisa membuat bakso sapi atau bakso ayam sesuai dengan selera anda tergantung dengan bahan yang anda gunakan. Berikut cara mudah membuat bakso kenyal dengan mudah:

Baca Juga : Cara Membuat Bakso Jumbo

cara membuat bakso yang lembut

Cara Membuat Bakso Yang Lembut & Kenyal

Berikut bahan yang di perlukan untuk cara membuat bakso yang lembut.

Bahan Untuk Membuat Bakso Spesial ini Anda Perlu Menyiapkan:

  • Daging sapi tanpa lemak atau daging ayam (sesuai dengan selera anda), usahakan untuk menggunakan daging yang masih segar karena mempengaruhi hasilnya.
  • Garam secukupnya
  • 150 gram es batu
  • 50 ml putih telur atau 2 telur yang diambil putihnya saja
  • 3 siung bawang putih dan diiris tipis tipis lalu goreng
  • 5 siung bawang putih yang diblender atau ditumbuk halus
  • 2 sdt garam atau kira-kira 15 gram
  • Setengah sendok teh soda kue (bisa juga menggunakan baking powder)
  • 100 gram tepung sagu atau tepung tapioka (kanji) ukuran tepung bisa 100
  • 200 gram tapi hal itu sesuai selera anda sendiri
  • Air dalam panci untuk merebus bakso (1/4-1/3 panci)

Cara Membuat Bakso Lembut Kenyal dan Enak

  1. Pertama-tama potong kecil-kecil terlebih dahulu daging ayam atau sapi (supaya memudahkan dalam pengilingan). Masukkan ke dalam blender daging atau food processor beri setengah bagian es batu yang telah disediakan tadi lalu giling hingga halus. Masukkan putih telur, bawang putih goreng, bawang putih yang telah dihaluskan, garam dan sisa es batu. Ulangi lagi penggilingan agar daging benar benar halus dan lembut.
  2. Masukkan tepung sagu atau tepung kanji (tapioka) dan soda kue (atau baking powder). Giling lagi hingga halus dan lembut dan menyerupai adonan pasta, sehingga total penggilingan 3 kali dari proses awal.
  3. Persiapkan api dan tempatkan panci yang telah berisi air tadi lalu didihkan. Seteleh mendidih matikan api atau boleh mengecilkan api yang paling kecil sehingga air tidak bergolak sehingga bakso tidak hancur saat dimasukkan.
  4. Ambil adonan bakso tadi kemudian kepalkan tangan dan tekan jemari hingga adonan menyembul keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, celupkan sendok ke air dingin (tujuannya agar sendok tidak lengket) kemuadian angkat bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas atau panci. Sebenarnya cara tersebut tidak suatu keharusan, pada intinya membuat bulatan-bulatan bakso sesuai keinginan anda.
  5. Biarkan bakso sampai mengembang, kemudian nyalakan atau besarkan nyala apinya dan masak kembali dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
  6. Siapkan air dingin dalam wadah atau baskom angkat bakso yang sudah matang dari panci dan masukkan ke dalam air dingin. Biarkan hingga dingin. Tiriskan dan bakso siap digunakan atau dikonsumsi langsung.
  7. Bakso fresh tanpa pengawet tahan seharian saja di suhu ruang terbuka, tahan seminggu dalam suhu kulkas dan bisa tahan hingga 2 sampai 3 bulan dalam suhu beku atau freezer.