Cara Membuat Bakso Goreng Mercon berbahan dasar daging ayam atau sapi yang mudah untuk didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal.  Bakso goreng yang akan kita buat akan terasa lembut namun garing diluar.  Menu yang satu ini tidak hanya bisa dijadikan lauk makan namun juga bisa digunakan sebagai cemilan yang sehat ketika berkumpul dengan keluarga.

Pengertian Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal.

Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.

Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiridan Malang.

Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan disajikan dengan khas Jawa. Bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

1. Cara Membuat Bakso Goreng Mercon

Bakso selalu identik dengan sajian berkuah yang hangat dan juga gurih serta pentol bakso yang kenyal saat digigit. Bakso yang bisa kita kenal adalah bakso sapi padahal ada bahan utama lain yang bisa dibuat bakso seperti udang, ikan atau bahkan daging ayam.  Kali ini kita akan mencoba untuk membuat bakso goreng mercon.

cara membuat bakso goreng mercon

Bahan:

  • 2 Bungkus Bakso
  • 6 cabe Merah
  • 10 Cabe Rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 5 Bawang Merah
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap Rasa secukupnya

Cara Membuat Bakso Mercon:

  1. Cuci bersih Bakso
  2. Rebus Bakso sampai mendidih terus angkat tiriskan
  3. Haluskan semua bumbu bisa di blender atau diulek
  4. Goreng bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum
  5. Masukkan bakso aduk sampai rata dan beri penyedap rasa,Gula aduk2 sampai rata
  6. Cicipi masakan,kalau sudah pas angkat
  7. Sajikan.

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

1. Pengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik.

Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Membawa Oksigen ke Seluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah.

Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan untuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

Itulah artikel tentan cara membuat bakso goreng  mercon, serta maanfaat untuk kesehatan tubuh. selamat mencoba, semoga bermanfaat.