Bagi yang mengalami masa kanak-kanak tahun 1980-1990an, pasti sempat mencicipi popularitas jajanan yang satu ini. Cara membuat arum manis serabut tidaklah sulit.

Jajanan ini tergolong jajanan yang legendaris lintas generasi, karena masih eksis hingga jaman sekarang.

Meski sudah banyak jajanan modern, tapi nyatanya rambut nenek ini masih banyak kita jumpai sebagai jajanan anak-anak masa kini.

Panganan yang berbahan dasar/baku gula ini sangat mudah di temukan di pasar malem  atau pun pinggiran jalan. Arum manis memiliki berbagai warna yang sangat menarik , rasanya pun sangat manis dan mudah di makan. Jadi tidak heran jika arum manis ini banyak di sukai dan di cari.

cara membuat arum manis serabut

Mesin pembuat makanan ini berbentuk tabung. Di tengah tabung terdapat lubang untuk memasukkan gula pasir yang telah diberi campuran warna. Di mesin tersebut terdapat lubang-lubang kecil yang akan mengeluarkan serabut-serabut halus yang kemudian dibentuk oleh pembuatnya.

Serabut-serabut tersebut merupakan hasil proses tumbukan butir-butir gula yang dimasukan ke dalam mesin. Penjualnya akan terus memutar mesin tersebut membentuk serabut seperti kapas hingga gula habis dalam mesin tersebut.

Mesin tersebut disimpan di atas perapian yang terus menyala ketika mesin digunakan. Agar makanan ini tidak bertebaran ke mana-mana, mesin itu disimpan di tengah wajan atau panci yang berlubang di tengahnya untuk ruang mesin yang akan terus berputar ketika digunakan.

Berikut cara membuat arum manis serabut menurut databisnisekonomi….

Bahan arum manis serabut:

  • 1 kg gulaku atau bisa menggunakan gula pasir yang bersih
  • 1/4 kg terigu
  • 1/4 liter minyak goreng yang bersih

Cara membuat arum manis serabut:

  1. Gula dimasak dengan 1 gayung air sampai keluar busa dan mengental.
  2. Sebelumnya masak terigu bersama minyak goreng sampai berwarna coklat.
  3. Setelah matang dinginkan kemudian gula dibolak-balik dengan spatula sampai membentuk adonan dan aduk trus biar tidak mengeras.
  4. Kemudian siapkan meja dengan kayu ditengah meja dengan alas seng taburi terigu yang dimasak dengan minyak tadi.
  5. Olesi meja dengan minyak goreng yang ada dimasak dengan terigu.
  6. Ratakan lalu taruh adonan diatas meja buat lubang seperti donat masukkan ke kayu penopang lalu tari (nariknya harus masih panas gulanya).
  7. Tarik trus dengan cara yang sama biar gula berubah menjadi lembaran-lembaran rambut trus sampai halus tariknya harus dengan tenaga extra ya.
  8. Kalau nggak nggak bakal jadi arum manis rambut nenek dia akan jadi kristal yang kasar.