Cara Membuat Arum Manis  – Masih ingatkah Kalian dengan Jajanan  yang lembutnya menyerupai kapas ?  Jajanan itu dikenal dengan nama arum manis dan biasanya menggunakan cotton candy machine(mesin untuk membuat arummanis).

Cara Membuat Arum Manis Camilan Keluarga

Banyak camilan dengan rasa gurih atau pedas, oleh karena itu arum manis bisa menjadi alternatif jajanan  dengan rasa manis. Harga nya yang agak terjangkau, membuat jajanan ini cukup laris ternyata. Cara membuat arum manis yang menarik dan pengemasan yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

cara membuat arum manis

jangan lupa follow akun kita https://path.com/

Baca Juga : Cara Membuat Gulali Arum Manis

Arum manis merupakan jajanan yang banyak digemari anak-anak. Meski demikian, makanan ini cocok untuk semua umur dan lembut membuatnya cukup menarik dan banyak digemari. Ditambah bahwa arum manis cukup aman karena hanya terbuat dari gula pasir murni.

Namun anda juga bisa mencoba membuat arum manis dengan gula semut. Selain rasanya manis, disamping itu arumanis juga memiliki varian warna-warna yangsmenarik. Namun sayang di negara kita ini banyak oknum jahat yang memanipulasi warna dari aromanis ini dengan bahan-bahan kimia yang

Jenis Gulali Yang Ada DiIndonesia

Permen Gulali Gula Jawa

Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Konon, gulali ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai jenis gulali yang sering kita temui saat ini. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu kecil. Gulali dari gula merah ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir

Gulali ini lebih berwarna karena para penjualnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik jika dibentuk. Gulali jenis ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali ini.

Permen Gulali Rambut Nenek

Gulali jenis ini dibuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan dasar gulali ini sedemikian rupa sampai gulali ini berbentuk mirip seperti mie atau benang sutra.

Banyak orang menyebut gulali ini dengan istilah rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek. Konon, orang Cina sering menyebut gulali ini sebagai jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali ini disebut juga dengan nama permen kapas (Cotton Candy).

Resep Permen Gulali Arum Manis

Bahan-Bahan :

– 1 kg gula pasir
– Pasta pandan atau pasta strawberry 1 sdm
– Asam citrun 1 sdm
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Alat-Alat :

– Persiapkan mesin Cotton Candy Machine untuk membuat arum manis
– Stik bambu/ cone stick untuk menggulung arum manis

Cara Membuat Arum Manis :

1. Campurkan gula dengan pewarna makanan yang diinginkan dan aduk-aduk hingga rata.
2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
3. Masukkan gula yang sudah dicampur dengan pewarna makanan ke dalam mesin, tunggu beberapa saat hingga keluar serabut-serabut gula halus dari mesin.
4. Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
5. Gulali arum manis sudah siap untuk dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dipasarkan ).
6. Masukkan gula pasir ke wadah pemanas Cotton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula & berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal & bagus. Masukan dalam kantong plastik, siap untuk dihidangkan atau dijual.

Selain itu hindari menggunakan pemanis buatan agar aman. Untuk pewarna juga hanya gunakan pewarna makanan. Selamat mempraktekkan cara membuat arum manis. Semoga sukses dengan arum manis anda.