Cara Membuat Abon Lele Enak dan Gurih

Siapa sih yang gak kenal sama ikan lele? Yap, di Indonesia ikan ini merupakan komoditas unggulan budidaya ikan air tawar.

Ikan lele sendiri mempunyai banyak jenis seperti lele dumbo, lele sangkuriang, lele phyton dan masih banyak jenisnya. Yang menarik perhatian, bahwa lele ini sangat mudah dipelihara dan hemat air lho!

Mengenai makanan olahan, lele sangat familiar dengan cara digoreng ataupun disemur. Tapi bagaimana jika lele diolah menjadi bentuk abon, ingin mencoba?

Keunggulan Abon Lele

Walaupun belum sepopuler abon sapi, bahan abon lele cukup mudah untuk ditemui di Indonesia. Abon ikan lele ini juga memiliki karakteristik rasa yang gurih dan juga enak.

Dari segi kesehatan, abon lele mempunyai banyak kandungan protein dan rendah lemak. Protein tinggi baik untuk anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

Abon ikan lele dapat dikatakan sebagai makanan kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mengandung rasio kalium terhadap natrium minimal 5:1.

Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf.

Tingginya kalium juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

Bahan untuk Membuat Abon Lele

Sudah penasaran bagaimana cara membuat abon lele yang enak dan gurih? Ikuti langkah-langkahnya. Sebelumnya berikut adalah bahan yang perlu disiapkan untuk membuat abon lele yang enak dan gurih :

  • Ikan lele segar dengan warna daging cerah
  • Rempah-rempah : bawang putih, ketumbar, lungkuas, sereh, daun salam
  • Gula pasir
  • Penyedap rasa
  • Air Cuka

Cara Membuat Abon Lele Enak dan Gurih

Setelah semua bahan untuk membuat abon lele siap kita lanjutkan dengan cara membuat abon lele yang enak dan gurih. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Potong dan cuci ikan lele, buang bagian kepala dan isi perut.
  2. Masuk ke tahap penyiangan, rendam daging lele ke dalam campuran  air cuka dengan kadar air ±2% agar bau amis hilang.
  3. Setelah penyiangan, daging lele direbus selama 30 – 60 menit, tambahkan daun salam dan garam rebus. Proses perebusan akan dihentikan setelah daging ikan menjadi lunak.
  4. Tiris daging ikan selama 5-10 menit.
  5. Kemudian daging lele dipres dengan mesin pengepres. Tahap pengepresan bertujuan untuk mengurangi kadar air pada daging ikan yang telah direbus agar serat yang dihasilkan nantinya berkualitas baik.
  6. Selanjutnya dilakukan proses pencabikan sampai menjadi serat.-serat. Proses ini bisa dilakukan dengan tangan atau dengan mesin pencabik (giling).
  7. Masukkan bumbu : bawang putih, ketumbar, lengkuas yang telah diparut dengan mesin parutan, gula pasir, garam dapur, serai,santan kelapa.
  8. Untuk memberikan rasa kari pada abon lele, bisa ditambahkan daun  kari.
  9. Goreng selama ±60 menit. Aduk secara terus-menerus agar bumbu merata. Jika daging berwarna kuning kecoklatan angkat dan ditiris.
  10. Penirisan selesai selanjutnya dilakukan pencabikan lagi agar tidak terjadi penggumpalan sampai tekstur sesuai dengan yang diinginkan.
  11. Abon sudah siap dinikmati, tinggal tuangkan ke piring untuk siap santap atau disimpan di wadah plastik.

cara membuat abon lele enak

Gimana rasanya? Tentunya abon ikan lele mempunyai cita rasa yang enak dan gurih.

Selain mencoba Cara Membuat Abon Lele Enak dan Gurih, anda juga bisa mencoba Cara membuat Abon Sapi yang Enak dan Lezat dan 10 Langkah Mudah Cara Membuat Abon Jamur: Unik, Nikmat, dan Sehat.

Selamat mencoba dan terimakasih.