Daya Tarik Daging Ikan Lele

Barangkali beberapa dari kalian sudah tau atau sudah baca cara membuat abon ikan lele. Nah, kali ini kita akan mencoba hal baru yang sedikit beda: cara membuat abon lele kremes pedas.

Kalau daging ayam adalah makanan dari hewan unggas yang paling umum dikonsumsi, maka saya berani bilang kalau ikan lele adalah makanan ikan air tawar yang paling merakyat.

Kenapa merakyat? Jelas dari segi ekonomis, daging ikan lele memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan daging sapi maupun kambing.

Selain itu, masakan daging lele juga bisa dibilang sangat mudah untuk dicari. Bisa dipastikan di setiap kota, bahkan setiap desa, pasti ada warung makan yang menyediakan lele sebagai menu makanannya.

Membayangkan lele goreng yang masih hangat saja nafsu makan saya mulai meningkat. Apalagi mendengar tentang cara membuat abon lele kremes pedas ini, saya semakin tergiur dibuatnya.

Manfaat Daging Ikan Lele

Barangkali kamu belum tahu bahwa Ikan Lele itu banyak kegunaannya lho. Kegunaan untuk apa? Tentunya untuk kesehatan kita semua.

Daging ikan lele mengandung leusin  dan lisin. Apa itu leusin dan lisin?

Leusin adalah zat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan berguna untuk pembentukkan protein otot.

Sementara lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan serta membantu penyerapan kalsium.

Ikan lele juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang dapat mengurangi resiko menderita penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, serta membantu merawat kesehatan kulit.

Bahan yang Dibutuhkan dalam Cara Membuat Abon Lele Kremes Pedas

Abon lele kremes adalah menu masakan hasil olahan dari ikan lele yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan masakan yang nikmat dan mantap.

Dipadu dengan racikan bumbu yang pas, membuat menu masakan ini benar-benar dapat menggoda hati para pecinta masakan nusantara.

Daripada kamu kelamaan penasaran seperti apa sih abon lele kremes itu, nih coba kamu siapkan saja dulu bahan-bahan yang akan kita gunakan nanti dalam cara membuat abon lele kremes pedas.

  • Daging Ikan Lele 680 gr (sudah digoreng, lalu disuwir dagingnya dan dipisahkan dari tulang/durinya)
  • Serai 2 btg (dimemarkan)
  • Daun Salam 2 lbr
  • Kari Bubuk 1 sdt
  • Gula Merah 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Santan 300 ml

Jangan lupa juga siapkan dan haluskan bumbu-bumbu ini:

  • Kemiri 2 butir (disangrai)
  • Cabai Merah Keriting 5 buah
  • Cabai Rawit Merah 3 buah
  • Bawang Putih 2 siung
  • Bawang Merah 3 buah
  • Ketumbar Bubuk 1 sdt

Saatnya Mencoba Cara Membuat Abon Lele Kremes Pedas

Kalau kamu sudah selesai menyiapkan bahan-bahan dan bumbu halus tadi, artinya sekarang kamu sudah siap untuk memasak! Yuk ikuti langkah-langkah ini dengan benar:

  1. Panaskan minyak di penggorengan, tuangkan bumbu halus dan tunggu hingga aroma harum.
  2. Masukkan suwiran daging lele yang sudah digoreng tadi.
  3. Tambahkan daun salam dan serai, lalu aduk rata.
  4. Masukkan garam dan gula merah, lalu aduk lagi hingga semua bahan merata.
  5. Kecilkan api, lalu tuangkan santan secara perlahan sambil diaduk hingga matang dan kering.
  6. Angkat, lalu tiriskan minyaknya.
  7. Sajikan selagi panas sebagai pelengkap lauk di meja makanmu!

Nikmat dan mudah bukan! Kalau kamu tertarik mencoba resep abon lain, kamu bisa klik saja untuk resep abon jamur, abon sapi, abon ikan tongkol, abon ayam dan banyak lagi!

Resep abon lele ini bisa dijadikan sebagai alternatif lain untuk yang tidak mengonsumsi olahan abon dari daging sapi, ayam, atau kerbau yang memiliki citarasa yang super lembut.