Cara Membuat Abon Jamur Sebagai Langkah Inovasi

Kali ini mari bahas mengenai kiat-kiat atau cara membuat abon jamur yang pastinya enak dan memenuhi kebutuhan gizi orang-orang yang kamu cintai. Abon jamur ini bisa menjadi pilihan favorit untuk lauk kering di meja makan kamu. Pasti deh semua bilang “mau lagi!”

Biasanya sih kalau dengar kata ‘abon’, pasti kita langsung menduga bahannya pasti dari daging. Sudah menjadi anggapan umum bahwa abon biasanya terbuat dari bahan dasar daging sapi, kambing, ayam ataupun abon ikan.

Kreativitas dalam dunia kuliner memang tidak ada habisnya. Menu makanan yang biasa dapat menjadi jenis makanan baru hanya dengan merubah bahan dasarnya.

Siapa yang mengira bahwa jamur dengan bentuk sedemikian rupa dapat diolah menjadi makanan yang begitu memanjakan cita rasa? Lalu, bagaimana sih cara membuat abon jamur itu?

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Abon Jamur

Untuk membuat abon jamur ini, kita akan menggunakan jenis Jamur Tiram. Sudah sejak lama jamur sebagai bahan dasar diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti sate jamur, tongseng jamur, jamur goreng krispi, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan coba menu baru: Abon Jamur!

Untuk memulainya, kamu harus menyiapkan bahan-bahan ini dulu:

  • Jamur Tiram 2 kg
  • Lengkuas 2 cm
  • Daun Salam 4 helai
  • Santan 350 ml
  • Air secukupnya

Siapkan juga bumbu halus seperti di bawah ini:

  • Bawang Merah 15 butir
  • Bawang Putih 10 siung
  • Ketumbar 2 sendok kecil
  • Gula Pasir 4 sendok kecil
  • Garam secukupnya

Nah, sebelum mulai memasak, ayo kita tilik sedikit lagi informasi mengenai guna Jamur buat kamu!

Manfaat Jamur Tiram Sebagai Bahan Dasar Abon Jamur

Abon Jamur Tiram

Jamur tiram ini memiliki nilai gizi yang sangat bagus lho. Jamur Tiram mengandung asam amino esensial yang tinggi serta senyawa-senyawa lainnya yang baik secara medis.

Tekstur serat Jamur juga sedikit mirip dengan serat daging sehingga sensasinya hampir sama dengan abon daging, tapi dengan harga yang relatif lebih murah.

Jamur tiram juga kaya akan energi ketimbang konsumsi nabati lainnya. Kandungan protein (5.94%), karbohidrat (50.59%), dan lemak (0.17%) pada 100 gram jamur jelas cukup untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi kamu.

Langkah-langkah Cara Membuat Abon Jamur

Nah, kembali lagi yuk. Sudah disiapkan semua? Oke yuk kita mulai tutorial cara membuat abon jamur! Ikuti langkah-langkah berikut dengan benar ya:

  1. Cuci Jamur Tiram kamu hingga bersih, kemudian rebus selama 20-30 menit. Jika sudah, angkat dan tiriskan.
  2. Setelah ditiriskan, ambil pisau dan suwir atau iris jamurnya tipis-tipis. Semakin kecil potongan-potongan jamur kamu semakin bagus, tapi jangan sampai menghilangkan teksturnya yah.
  3. Panaskan penggorengan dan tuangkan minyak goreng secukupnya.
  4. Tumis bumbu halus yang tadi sudah kamu siapkan beserta daun salam, lengkuas, lalu tunggu hingga aroma harum mulai terasa.
  5. Sudah harum? Sekarang masukkan suwiran jamur tadi ke penggorengan dan aduk hingga merata.
  6. Kalau bumbunya sudah meresap ke jamur, tuangkan santan yang tadi sudah kamu siapkan, lalu kecilkan api kompor.
  7. Sesekali aduk adonan jamur tadi hingga santan menyusut atau mengering.
  8. Jika santan sudah mengering, angkat lalu gorenglah lagi adonan jamur kamu dengan minyak hingga warnanya berubah dari putih menjadi kuning kecoklatan.
  9. Jika sudah, artinya abonmu sudah hampir matang. Angkat abonmu dan peras minyaknya hingga benar-benar kering.
  10. Nah, sekarang Abon Jamur kamu siap untuk disajikan!

Abon Jamur ini bisa kamu sajikan untuk sekali makan atau kamu simpan dalam wadah kedap udara hingga berhari-hari. Abon Jamur ini bisa kamu hidangkan sebagai topping roti atau kue, atau dimakan dengan nasi putih yang hangat bersama lauk-pauk lainnya.

Selamat mencoba cara membuat abon jamur ini ya! Selain jamur, tentunya masih banyak lagi cara membuat abon dari bahan lainnya. Selamat masak dan selamat makan~