Cara membuat Abon Ikan

Abon merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia, pastinya anda pernah merasakan makanan yang satu ini kan?

Yap. Abon merupakan makanan yang yang yang terbuat dari serat daging hewan.

Abon biasanya dipakai sebagai lauk nasi atau taburan untuk makanan lain. Dengan sistem penyimpanan yang rapat dari udara maka abon dapat disimpan dalam jangka waktu berminggu-minggu.

Bahan Dasar Pembuatan Abon

Makanan olahan yang populer ini rata-rata mempunyai warna coklat muda hingga coklat kehitam-hitaman. Bahan yang dipakai untuk membuat abon kebanyakan adalah daging sapi.

Tapi tahukan anda bahwa abon yang bisa dibuat tidak hanya berbahan dasar sapi saja?

Banyak sekali variasi bahan abon yang dapat dibuat seperti abon berbahan dasar sapi (paling populer), ayam, ikan, jamur dan masih banyak yang lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat abon ikan. Gimana rasanya ya? Yang pasti enak dan juga bergizi karena berbahan dasar ikan.

Cara Membuat Abon Ikan

Manfaat Abon Ikan bagi Kesehatan Tubuh

Tentu makan abon ikan lebih sehat ya dibanding dengan makan mi instan? hehe.. Apalagi abon ikan ini juga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Kandungan protein tinggi sangat berguna bagi penderita kurang protein dalam darah atau disebut hipoalbuminemia dan juga sangat baik dalam penyembuhan penderita luka.

Untuk kandungan dalam ikan laut terutama ikan yang kaya asam lemak omega-3 berupa DHA maupun EPA sebanyak 1-2 porsi tiap minggu dapat menurunkan angka kematian penyakit jantung koroner sebesar 36%.

Vitaminnya yang terdapat dalam ikan adalah 4 macam vitamin tergolong dalam famili vitamin B, yaitu B6, B12, Biotin, dan Niacin.

Bermanfaat sekali kan buat kesehatan tubuh?

Cara membuat Abon Ikan

Setelah membaca manfaat abon ikan diatas tentunya anda tidak akan rugi jika membuat abon ikan, karena selain enak abon ini juga mempunyai nilai jual yang menarik.

Beberapa bahan dasar untuk membuat abon ikan yang lezat ini diantaranaya ikan lele, ikan tongkol, ikan tuna, ikan salmon, ikan patin dan masih banyak jenis ikan lain.

Berikut bahan yang dipersiapkan untuk membuat abon ikan :

  • Daging ikan dengan kualitas yang baik dan segar
  • Bawang putih, ketumbar, lengkuas, sereh dan daun salam
  • Gula pasir
  • Garam dan penyedap rasa

Setelah bahan utama pembuatan abon ikan siap, kita lanjutkan ke cara membuat abon ikan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Siapkan bahan daging ikan yang sudah dicuci
  2. Buang bagian-bagian yang tidak dipakai, untuk pembuatan abon hanya diperlukan daging ikannya saja. Kemudian Potong ikan menjadi bagian-bagian.
  3. Selanjutnya daging direndam dalam air yang dicampur dengan air cuka. Kadar air cuka yang dipakai adalah ±2% agar bau amis hilang.
  4. Potongan ikan di masukkan ke dalam panci besar dan direbus selama 30 – 60 menit. Tambahkan juga daun salam dan garam rebus.
  5. Tiriskan ikan selama 10 menit, ikan yang telah direbus kemudian dipres dengan mesin pengepres.
  6. Selanjutnya masuk proses pencabikan sampai menjadi serat-serat. Proses ini bisa dilakukan dengan tangan atau dengan mesin giling atau mesin pencabik.
  7. Serat-serat daging hasil pencabikan ditambahkan bawang putih, ketumbar, lengkuas yang telah diparut dengan mesin parutan, gula pasir, garam dapur, serai,santan kelapa.
  8. Setelah bumbu merata digoreng selama kurang lebih 60 menit, sambil diaduk ya agar merata.
  9. Tahap selanjutnya adalah pengepresan kembali serat-serat daging ikan yang telah digoreng agar minyak tidak terlalu banyak.
  10. Langkah terakir adalah pencabikan agar abon ikan ini tidak menggumpal
  11. Oke abon ikan sudah siap, untuk penyimpanan bisa diwadah plastik. Atau jika anda ingin menjual bisa langsung di packing.

Sangat mudah kan untuk membuat abon ikan sendiri? Tentu saja rasa abon ikan ini pasti enak.

Peluang Bisnis Abon Ikan

Selain dikonsumsi sendiri abon ini juga mempunyai nilai jual yang menarik, dengan modal rasa masakan abon ikan yang enak kita berpeluang untuk menjadikan sebagai ide bisnis abon ikan.

Kemudian bagaimana cara pemasaran produk abon ikan kita? Tak perlu khawatir. Seiring perkembangan teknologi saat ini kita dapat dengan mudah mengenalkan produk kita ke rekan dekat melalui facebook.

Nah, itu tadi ulasan kita mengenai cara membuat abon ikan yang enak dan tentu akan laris di pasaran.

Semoga artikel cara membuat abon ikan yang enak dan pasti laris di pasaran ini bermanfaat dan terimakasih.