Cara Membersihkan Roller Mesin Laminating-Tahun baruan pada kemana nih? Saya cuma di rumah sama teman-teman saya. Disaat ngumpul-ngumpul kayak gini enaknya bakar sosis menggunakan panggangan sosis.

Tahun baru apakah mesin harus baru ? Jika isi kantong lebih, sepertinya tidak masalah. Akan tetapi kalau mau lebih irit lebih baik merawat mesin agar tetap awet. Bagaimana cara mempertahankan barang atau mesin supaya awet?

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk merawat, tidak hanya fokus di mesinnya saja, tetapi jika anda memiliki mesin yang berhubungan dengan listrik, anda juga harus memperhatikan daya listrik supaya tetap stabil supaya mesin tetap awet dan tidak mudah rusak.

Apabila terjadi kerusakan pada mesin laminating, hal ini dapat merugikan usaha percetakan anda. Karena telah memakan biaya dan estimasi waktu yang lama dalam proses perbaikan, maka hal ini dapat menghambat proses usaha percetakan anda.

Nah sebelum mesin laminating yang anda miliki mengalami kerusakan, kami akan memberikan sebuah tips bagaimana cara merawat mesin laminating

Cara Merawat Mesin Laminating 

Pertama, Mengatasi Mesin Laminasi Agar Tidak Lengket

cara membersihkan roller mesin laminating-Saat melakukan proses laminasi, temperatur panas pada roll mesin dapat mencair perekat dari kantong laminating. Perekat tersebut bisa membantu mengikat kantong untuk dokumen yang akan di laminasi.

Sebagai perekat dilebur saat proses laminasi, sangat mungkin bahwa sebagian dari cairan  akan keluar dari kantong laminating pada rol mesin, yang dapat mempengaruhi kinerja. Namun, kita bisa menghindari gangguan ini terjadi, dengan cara menempel item dalam carrier.

Kedua, Mencegah Kemacetan Pada Mesin Laminating

Agar tidak terjadi kemacetan pada mesin alangkah baiknya dengan selalu menggunakan carrier pada saat melakukan laminasi. Cara ini sangat baik untuk mencegah kemacetan pada mesin laminating.

Sebelum menggunakan mesin laminating, alangkah baiknya mesin yang dimiliki rajin untuk di control atau di check. Apakah ada kabel yang sudah tidak kencang atau mungkin ada kabel penghubung lainnya yang kendor atau bermasalah.

Apabila terdapat komponen yang sedang bermasalah, alangkah baiknya apabila di sebelum terjadi kerusakan lanjutan yang mengarah ke komponen lainnya. Dan jangan lupa rajinlah atau lakukan secara rutin membersihkan roll mesin laminating.

Apabila ingin menggunakan mesin laminasi, pastikan unit mesin dalam keadaan bersih dan kering. Kotoran yang masuk kedalam unit mesin dapat terbakar karena panasnya suhu. Apabila ada air juga berpotensi terjadi arus pendek. Ketahui settingan saat pengaturan temperatur suhu, dan periksa tingkat panasnya.

Mengenal Kerusakan Pada Mesin Laminating

Membeli barang baru untuk sebuah bisnis usaha yang di jalani, perlu untuk menjaga perlengkapan aset usahanya.Tentu anda tidak ingin kan, apabila barang yang telah di beli dengan jarak beberapa hari terjadi kerusakan.

Mengingat hal tersebut kita harus merawat dan melindungi mesin seperti contoh Mesin Laminating. Mesin Laminating merupakan mesin yang pernah di dapati terjadinya kerusakan atau kurang baik dalam proses pengerjaannya misalnya kerusakan yaitu lengket, macet atau bahkan kepanasan.

Apabila sudah terjadi kerusakan, maka apa yang harus dilakukan? Beli lagi. Itu solusi namun perlu dipertimbangkan lagi ya. Jangan malas untuk merawat mesin laminating dan benda-benda lainya. Rajin rajinlah untuk merawatnya.

Hal yang Mengenai Kerusakan dan Perawatan Mesin Laminating

Kerusakan Pertama

cara membersihkan roller mesin laminating-Roller berputar tetapi tidak bisa press (elemen pemanas tidak berfungsi) kerusakan ini bisa terjadi karena Kerusakan pada relay, potentiometer pengatur temperature dan Kerusakan elemen pemanas.

Karena elemen pemanas mendapatkan suplai tegangan AC oleh penyambungan kontak relay, maka ketika relay bermasalah elemen pemanas pun tidak akan mendapatkan suplai tegangan sehingga ia menjadi tidak berfungsi (tidak panas).

Hal ini ditandai dengan jarum penunjuk pada temperature-meter tidak bergerak. Untuk dapat mengetahui bahwa relay memang rusak, perlu dilakukan pengecheck an pada mesin laminating.

Apabila kerusakan tidak pada ralay, bisa jadi kerusakan terdapat pada potentiometer pengatur temperature pengatur suhu panas.

Potentiometer yang rusak akan menyebabkan rangkaian thermostat tidak mau bekerja untuk mengemudikan relay. Karena itu potentiometer perlu diperiksa apakah masih baik ataukah sudah rusak.

Apabila relay tidak rusak dan potentiometer pun demikian pula tetapi elemen pemanas tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada elemen pemanas itu sendiri. Kerusakan pada elemen panas ini sudah umum terjadi.

Kerusakannya karena salah satu atau kedua elemen pemanas tidak panas sedangkan jarum penunjuk temperature-meter bergerak menunjukkan range suhu tertentu.

Penunjukkan dapat berubah-ubah ketika setelan potentiometer diubah-ubah. Elemen pemanas yang sudah rusak harus diganti dengan tipe atau model yang sama

Kerusakan Kedua

biasanya disebabkan oleh switch “forward-reverse” sudah rusak. Switch untuk fungsi ini mempunyai dua posisi kontak, jika yang terjadi seperti itu maka kontak pada kedua posisinya sudah rusak. Untuk memastikannya switch perlu ditest.

Namun, jika switch tidak mengalami kerusakan maka kemungkinan terjadi kemacetan mesin pada  bagian     mekanik atau pada bagian motor yang sudah rusak.

Kasus kerusakan motor memiliki kronologi yang sama dengan kasus kerusakan elemen pemanas.

Kerusakan Ketiga

Kerusakan ketiga ini bisa jadi karena disebabkan oleh switch “forward-reverse” yang sudah bermasalah, yaitu salah satu posisi kontak sudah tidak berfungsi lagi. Dan solusinya, Switch perlu diganti dengan yang baru.

Kerusakan Keempat

Kerusakan ini memiliki berbagai kerusakan yang bermacam macam. Bisa jadi karena fuse, kabel AC, atau switch on / Start. Semua perlu di check satu per satu agar dapat diketahui kerusakan yang ada pada mesin laminating.

Demikianlah artikel tentang cara membersihkan roller mesin laminating. Semoga bermanfaat bagi anda. Ingat jangan malas membersihkan mesin.