Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Masak Cumi Basah balado

cara membuat cumi basah balado

Mungkin sesekali kamu bisa mencoba masakan dengan bahan utama cumi seperti di restoran seafood. Tenang saja. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara memasak cumi basah tidak sesulit yang dibayangin kok.

Nah, kalau kamu tidak punya banyak waktu dan mau masak yang simpel, cepat, dan enak, kamu wajib Tahu Cara Memasak Cumi Basah Balado yang sangat mudah dan sederhana.

A. Pengertian Cumi

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama itu ”Cephalopoda” dalam bahasa Yunani berarti “kaki kepala”, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.

Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai makanan.


Salah satu jenis cumi-cumi laut dalam,
”Heteroteuthis”, adalah yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya. Organ yang mengeluarkan cahaya itu terletak pada ujung suatu juluran panjang yang menonjol di depan.

 Hal ini dikarenakan peristiwa luminasi yang terjadi pada cumi-cumi jenis ini. Heteroteuthis menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya apabila dirinya merasa tergangg.

Proses ini sama seperti pada halnya cumi-cumi biasa yang menyemprotkan tintaCumi-cumi adalah salah satu hewan dalam golongan invertebrata (tidak bertulang belakang).

1. Cara Memasak Cumi Basah Balado

cara membuat cumi basah balado

Bahan:

  • 500 gr cumi basah
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 butir jeruk limau
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 butir tomat hijau potong kecil2
  • 2 butir cabe gendot potong kecil2
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 150 ml air atau di kira kira aja
  • 2 buah cabe hijau
  • 5 buah cabe keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit hijau (bisa ditambahkan jika suka pedas)

Cara Memasak Cumi Basah Balado:

  1. Bersihkan cumi dan buang tintanya serta potong dengan bentuk ring.
  2. Taburi cumi yang sudah dipotong-potong dengan garam dan jeruk limau, lalu diamkan dalam kulkas kira-kira selama 30 menit.
  3. Haluskan bumbu cabe hijau, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit.
  4. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus hingga harum.
  5. Masukkan cabe gendot dan tomat hijau, kemudian aduk-aduk.
  6. Lalu, masukkan cumi yang sudah direndam dalam air garam dan jeruk aduk hingga cumi agak mekar.
  7. Beri air dan masukkan garam, gula serta kaldu jamur.
  8. Tutup sebentar biarkan air surut. Koreksi rasa, jika sudah pas, angkat dan makanan cumi basah cabai hijau siap disajikan.

Manfaat

1.Memasok kebutuhan vitamin harian tubuh

Manfaat cumi-cumi lainnya adalah memasok kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. Setiap 100 gram cumi-cumi mengandung sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1,3 mcg vitamin B12, 4,7 mg vitamin C, dan 1,2 mg vitamin E.

Selain vitamin-vitamin tersebut, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium setiap 100 gram cumi-cumi. Vitamin dan mineral tersebut memegang peranan penting dalam perkembangan tubuh.

2Rendah Kandungan Merkuri

Keamanan pangan laut selalu menjadi kekhawatiran banyak orang karena bahaya merkuri yang bersembunyi di baliknya. Merkuri telah lama diketahui dapat berdampak buruk pada sistem saraf tubuh.

Untungnya, menurut laporan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), kandungan merkuri pada cumi-cumi termasuk rendah dan tidak pada tingkatan yang membahayakan sehingga aman untuk dikonsumsi.

Itulah artikel tentang berbagai olahan atau cara memasak cumi basah BALADO yang enaka. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Theme by Anders Norén