Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Kerja SEO ON PAGE yang Belum Diketahui Banyak Orang

Cara Kerja SEO ON PAGE

Apa Itu SEO On Page?

SEO on page adalah praktik mengoptimalkan halaman web supaya mendapat peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau google. Selain mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, SEO pada halaman mencakup pengoptimalan mengoptimalkan tag judul, konten, tautan internal, URL serta gambar. Hal tersebut digunakan untuk memastikan situs web memiliki tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang tinggi. Lalu apa saja cara kerja SEO ON PAGE?

Cara Kerja SEO ON PAGE

Seo dan cara kerjanya

Melakukan teknik SEO tidak semudah dan sesederhana yang Anda bayangkan, meskipun hasil dari pencarian Google bisa didapatkan pada saat itu juga. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa SEO sudah bekerja lebih dahulu sebelum Anda mengetikkan kata kunci tertentu di bar mesin pencarian dan meng-klik tombol Enter. Berikut adalah beberapa cara kerja Search Engine Optimization yang perlu Anda ketahui:

1. Crawling

Crawling yang dalam Bahasa Indonesia biasa disebut sebagai perayapan termasuk salah satu proses awal dalam pengambilan semua halaman situs website yang sudah terhubung pada situs website tersebut. Crawling ini memiliki tugas untuk mengumpulkan berbagai informasi dari seluruh situs website dari satu halaman (pages) ke halaman lainnya atau dari satu link ke link yang lainnya. Yang melakukan tugas tersebut adalah perangkat lunak yang disebut sebagai crawler atau spider atau dalam situs pencarian Google disebut Google Bot.

2. Indexing 

Setelah melakukan pengumpulan informasi, tugas berikutnya  yaitu menyimpan informasi tersebut di entry list atau indeks. Indexing yaitu suatu proses pembuatan indeks untuk semua halaman website yang sudah diambil dan disimpan ke dalam tempat penyimpanan data (database) mesin pencarian.

Proses indexing  termasuk suatu proses identifikasi dari tulisan atau deskripsi, dimana tulisan atau deskripsi tersebut yang menjadikan halaman situs website masuk ke dalam database mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu pastinya.

3. Processing

Dalam tahap ini, mesin pencari Google akan menerima permintaan dari para pengguna internet atau user yang mengetikkan kata kunci contohnya: “cara memasak nasi goreng” pada bar pencarian Google. Mesin pencari Google ini akan melakukan processing dengan terlebih dahulu membandingkan kata kunci yang user ketikkan tersebut ke dalam list permintaan pencarian dengan halaman website dari situs lain yang berbeda.

4. Calculating Relevancy

Ketika Anda mengetikkan kata kunci di mesin pencari, pastinya setiap halaman website yang muncul memiliki jumlah kata kunci yang jauh lebih banyak, sehingga mesin pencari Google akan melakukan proses Calculating Relevancy yaitu dengan menghitung keterkaitan dari kata kunci yang diterima pada setiap halaman website yang sudah terindeks.

5. Retrieving Result

Langkah yang terakhir dari cara kerja SEO yaitu dengan mengambil hasil yang relevan dari kata kunci yang sudah diproses sebelumnya kemudian menampilkannya ke dalam list atau indeks hasil pencarian yang terdapat pada browser.

Untuk bisa menampilkan hasil yang relevan dan sesuai dengan kata kunci yang diketikkan oleh para user, pihak mesin pencari Google setiap bulannya akan melakukan pembaharuan rutin terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi (keterkaitan) untuk bisa menampilkan hasil dari pencarian. Algoritma SEO ini pastinya akan memastikan para user bisa mendapatkan informasi yang relevan dari sumber daya yang paling terpercaya.

Baca Juga : Cara Kerja SEO, Kelebihan dan Manfaat Menggunakan SEO!

Jika Anda memiliki website dan ingin mendapatkan pengunjung, Anda harus mengetahui apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat!