Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Cara Bikin Keripik Tempe Sagu Mudah, Renyah, Anti Gagal!

keripik tempe sagu

Cara bikin keripik tempe sagu memang berbeda dengan keripik tempe biasa. Hal ini karena menggunakan bahan baku yang berbeda. Jika keripik tempe biasa menggunakan tempe jadi. Maka tempe sagu menggunakan tempe yang masih berupa kedelai.

Ketika mengiris tempe jangan terlalu tebal. Jika potongan tempe tebal. Keripik tempe tidak akan renyah dan kering. Selain itu, ketika mencelupkan tempe. Disarankan menggunakan tangan. Karena jika menggunakan sendok, adonan akan menggumpal.

Selain itu, kalian bisa mengoven keripik agar lebih renyah. Bisa juga digoreng sebanyak dua kali. Sampai keripik tempe benar benar kering. Agar tempe bisa sangat renyah.

Selain rasa gurih renyah yang ditawarkan. Harga keripik tempe cukup terjangkau. Hal ini karena bahan dasar keripik tempe yang murah. Sehingga  harga pasaran keripik tempe tidak memberatkan pembeli.

Jadi banyak orang yang memilih keripik tempe sebagai camilan. Baik untuk berkumpul bersama keluarga atau camilan saat sendirian. Tempe dapat diolah menjadi lauk pauk. Bisa juga dibuat menjadi olahan lain.

Cara bikin keripik tempe yang mudah. Mampu membuat siapapun mau membuatnya. Beberapa lagi memilih langsung membeli. Namun, jika kamu ingin memasak keripik tempe. Dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Kalian bisa mengikuti cara bikin keripik tempe di bawah ini.

Cara Bikin Keripik Tempe Sagu

keripik tempe sagu

Bahan – Bahan :

  • 500 gr bakal tempe (kedelai yang sudah dicampur ragi)
  • Minyak goreng secukupnya
  • 400 gr tepung sagu

Bumbu Celup :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Cara Bikin Keripik Tempe Sagu :

  1. Campurkan bakal tempe dengan tepung sagu dalam wadah. Aduk dengan rata menggunakan spatula. Jangan sampai terkena air dan tangan.
  2. Masukkan ke dalam plastic panjang. Padat – padatkan lalu ikat rapat bagian ujung. Jangan lupa tusuk – tusuk plastik dengan tusuk gigi. Agar tidak m embusuk saat fermentasi terjadi.
  3. Setelah itu, gantung dan angin – anginkan tempe. Selama 32 jam. Tandanya, jika bekas tusukan sudah berbintik hitam. Maka tempe siap di olah.
  4. Iris tempe tipis – tipis. Lalu sisihkan.
  5. Haluskan bawang putih, kenur, kemiri, ketumbar. Haluskan juga daun jeruk purut dan garam sampai halus. Lalu beri air.
  6. Panaskan minyak dalam wajan. Gunakan api berukuran sedang. (kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying)
  7. Celupkan irisan tempe pada bumbu halus.
  8. Goreng keripik tempe hingga berwarna kecoklatan.
  9. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Meski terlihat camilan sederhana. Tempe memiliki banyak manfaat loh. Salah satunya sebagai sumber kalsium yang setara dengan susu sapi. Tempe juga satu – satunya sumber vitamin B12 dari nabati.

Selain itu, tempe terkenal sebagai antioksidan. Bagi kalian yang sedang diet. Tempe juga sangat baik jika dikonsumsi. Wah, banyak banget kan manfaat tempe yang bisa kalian dapatkan?

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan protein tinggi yang bagus dalam tempe menjadi salah satu asupan nurtrisi bagi tubuh. Olahan keripik tempe kian marak diminati dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh.

Gimana, nih? Gampang banget kan cara bikin keripik tempe. Kalian bisa membuat varian baru sesuai selera kalian. Selain dijadikan camilan, kalian juga bisa membuka bisnis keripik tempe. Enak dan banyak banget kan manfaat yang dikandung tempe?

Tapi selalu ingat untuk mengonsumsi dalam skala wajar ya. Bagaimanapun mengonsumsi sesuatu secara berlebihan meski banyak manfaat tidak baik. Jadi, pastikan menyesuaikan porsi agar kalian tetap sehat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Theme by Anders Norén