Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Beternak Sapi Pedaging Dengan Gampang Dan Menguntungkan

cara beternak sapi pedaging

Cara beternak sapi pedaging di Indonesia ini masih membutuhan banyak bibit sapi pedaging.

Karena ini bibit sapi pedaging merupakan salah satu faktor produksi yang menentukan dan mempunyai nilai yang strategis.

Dalam upaya mendukung terpenuhinya kebutuhan daging yang terutama dalam mendukung swasembada daging sapi.

Cara yang utama untuk untuk meningkatkan keseimbangan penyediaan dan kebutuhan pada cara beternak sapi pedaging sangat tergantung pada ketersediaan bibit yang berkualitas.

Strategi dan perencanaan yang harus menjadi perhatian agar menghasilkan banyak keuntungan pada beternak sapi pedaging dengan cara berikut :

Pemilihan Jenis Sapi Yang Akan Diternak

cara beternak sapi pedaging

 

Ada Beberapa jenis untuk sapi pedaging yang sangat familiar untuk orang Indonesia, yaitu :

  • Sapi Limosin, jenis sapi yang mampu hidup di iklim yang tropis sekalipun dengan cuaca ekstrim, memiliki ciri khas tubuh memanjang dan daging yang sangat padat.
  • Sapi Brahman,sapi peranakan dari India ini memiliki ciri tubuh besar, gemuk, bongsor, bertekstur coklat yang tumbuh dengan cepat.
  • Sapi Madura, bukan sekadar diternak untuk karapan sapi, umumnya memiliki pertumbuhan yang sedikit melambat, sangat diandalkan untuk peternakan sapi dalam jangka panjang namun populasinya sedikit.

Mempersiapkan Lahan Dan Kandang Peternakan Sapi

Pada cara beternak sapi pedaging juga menyiapkan lahan ternak dengan mempertimbangkan dari luas lahan, kebersihan tempat pakan, maupun sanitasi untuk sapi yang akan diternak.

Ada baiknya jika peternakan sapi diberi jarak yang sedikit jauh dari penduduk , supaya tidak mengganggu lingkungan maupun faktor psikologis seekor sapi.

Pembuatan Kandang Sapi

 

Menyiapkan lahan ternak dengan mempertimbangkan dari luas lahan, kebersihan tempat dan pakan, maupun sanitasi untuk sapi yang akan diternak.

Ada baiknya juga jika peternakan sapi yang diberi jarak yang sedikit jauh dari penduduk , supaya tidak mengganggu lingkungan maupun faktor psikologis seekor sapi.

Memilih Bibit Sapi Yang Berkualitas

Untuk menghasilkan generasi yang baik, ada beberapa ciri khas pada sapi yang berkualitas dengan karakteristik sebagai berikut :

Memiliki mata yang cerah dan jernih, Tidak ada lendir di sekitar hidung yang menandakan tak ada gangguan pada pernafasan.

Kulit atau bulunya tidak rontok, Kuku sapi tidak panas apabila disentuh, Periksa bagian dubur dan pastikan ia tidak sakit, sekalipun menunjukkan gejala diare

Pemberian Pakan Sapi

cara beternak sapi pedaging

Makanan yang seperti rumput memang sudah sangat cukup untuk menggemukkan bisnis peternakan sapi.

Namun, apabila tujuannya untuk mendapatkan daging dengan kualitas terbaik, kamu pun juga harus memberikan pangan berkualitas lainnya seperti tahu, kacang kedelai, kulit nanas maupun lain-lain.

Makanan dengan kandungan konsentrat yang tinggi mampu membuat daging dengan tumbuh cepat dan gemuk dalam waktu singkat

Penggemukan Sapi

Di Indonesia, proses penggemukan sapi lebih efisien dengan menggunakan metode kandangan atau kereman.

Karena dinilai bisa meningkatkan nilai harga jual serta adanya nilai tambah terhadap kotoran ternak yang dihasilkan. Penggemukan pada sapi dapat dilakukan dengan menggunakan kandangan atau kereman yaitu:

  • Sapi dimasukan ke kandang
  • pemberian pakan dan air minum tidak dibatasi
  • Pakan hijauan dan konsentrat
  • Sapi tidak dipekerjakan
  • Pemberian obat cacing dan suplemen dengan secara teratur untuk meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh
  • Jangka waktu penggemukan dilakukan selama 100 hari

Proses penggemukan pada sapi memakan waktu serta biaya. Pemeliharaan yang baik dan tepat membuat proses penggemukan yang tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan dalam 100 hari.

Perlu diketahui bahwa suplemen yang baik haruslah terbuat dari bahan yang organik.

Perawatan Dan Pemeliharaan Sapi

Dalam proses peternakan sapi, maupun hewan-hewan pada ternak pada umumnya, perawatan dan pemeliharaan yang merupakan prioritas yang sangat penting juga.

Tak hanya yang sekadar makanan yang bergizi, vaksinasi maupun vitamin pun juga menjadi prioritas yang sangat penting supaya sapi dapat tumbuh sehat.

Selain vaksinasi dan vitamin, tak ada salahnya jika kamu mengumpulkan berbagai kotoran sapi untuk bisa dijadikan pupuk kompos.

Pupuk kompos tersebut tak hanya sekadar dikumpulkan saja, melainkan juga bisa menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang dapat menutupi beban operasional.