Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Resep Membuat Emping Jagung Dengan Cara Yang Mudah

camilan jagung

Camilan Jagung – Keripik jagung adalah sejenis makanan yang terbuat dari biji jagung yang telah dikupas dan digoreng. Kami juga tahu cara membuat keripik jagung.

Makanan ini juga menjadi camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Rasanya yang enak dengan tekstur yang renyah membuat keripik jagung sangat cocok untuk dijadikan camilan.

Menariknya, membuat keripik dari jagung ternyata tidak membutuhkan proses yang rumit. Camilansatu ini sangat mudah dibuat dan siapapun bisa melakukannya.

Kalaupun Anda tertarik berbisnis juga, ternyata menjual keripik jagung memiliki prospek yang menjanjikan.

 

Cara membuat keripik jagung manual.

Camilan jagung

Bahan pembuatan keripik jagung manual:

  • garam
  • Minyak goreng
  • kapur
  • Jagung
  • Bawang putih
  • Alat yang digunakan
  • Kapal uap
  • panci
  • Alat pengering
  • kolam
  • panci
  • Mesin press chip

 

Cara membuat keripik jagung manual:

  1. Langkah pertama pastikan jagung yang Anda pilih adalah jagung tua dan besar.
  2. kupas jagung dengan alat pengupas jagung lalu bersihkan dengan air mengalir.
  3. Kemudian rendam jagung selama kurang lebih 24 jam. Tujuan merendam jagung dalam waktu yang sangat lama adalah untuk mempercepat pemasakan.
  4. Rebus jagung yang sudah dikupas dengan air yang dicampur dengan air jeruk nipis 10% selama 2,5 jam. Selalu aduk saat memasak agar tidak gosong.
  5. Kemudian angkat jagung yang sudah matang, cuci bersih dan gunakan air bersih. Pastikan bau kapur tidak lagi berbau.
  6. Setelah itu kukus selama 4 jam lalu campurkan bumbu halus (garam dan bawang putih)
  7. Setelah dikukus, biarkan jagung mendingin dan ratakan dengan mesin pipih.
  8. Kemudian corn flakes dijemur selama 1-2 hari.
  9. Setelah itu, jagung yang dijemur bisa disimpan dalam plastik dan digoreng bila perlu.
  10. Jika Anda ingin keripik jagung yang memiliki rasa juga, taburkan bumbu sesuai selera Anda setelah keripik jagung digoreng dan selagi masih panas.

 

Pemilhan Jagung Untuuk  Emping Jagung

Cara membuat keripik jagung tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang perlu diingat jika menyangkut kualitas keripik jagung yang bisa didapat secara maksimal. Berikut langkah-langkah pembuatan keripik yang harus diketahui.

Penentuan material

Produk kuliner selalu menghadirkan bahan yang berkualitas, termasuk penggunaan keripik jagung. Pilih jagung yang sudah tua dan berkualitas baik yang artinya tidak sakit dan memiliki biji jagung yang sangat bagus.

Pilih juga jagung dengan ukuran biji besar. Ukuran biji jagung berpengaruh besar pada ukuran keripik. Jika bijinya terlalu kecil, keripik yang didapat juga akan berukuran kecil dan mudah dihancurkan.

Proses pengupasan jagung

Biji jagung mengambil biji dari tongkolnya. Proses ini bisa dilakukan secara manual dengan tangan. Namun untuk menghemat waktu dan tenaga, proses ini dapat menggunakan mesin pengupas jagung yang lebih sederhana. Setelah jagung dikupas, cuci dengan air mengalir hingga bersih.

Masak dengan jeruk nipis

Jagung yang higienis kemudian direbus selama sekitar 1 jam dalam air mendidih yang telah ditambahkan kapur. Jumlah jeruk nipis yang digunakan untuk memasak adalah 2-4% dari berat jagung yang dimasak. Proses perebusan menggunakan jeruk nipis juga digunakan saat menggunakan Nikstamalisasi.

Tujuan dari proses ini adalah untuk menghancurkan epidermis, atau kulit tipis yang menutupi biji jagung. Jika kulit rusak, akan lebih mudah untuk memanaskan dan memproses jagung. Jagung yang sudah dikupas roboh saat dipegang dengan permukaan biji jagung yang halus.

Proses perendaman

Biji jagung yang sudah dimasak sampai benar-benar bersih. Selain itu, pastikan tidak ada bau jeruk nipis yang tersisa. Baru setelah itu benih direndam dalam air higienis semalaman. Perendaman benih dikatakan akan memudahkan pengolahan jagung saat sudah memasuki tahap selanjutnya.

Jagung mengukus

Setelah direndam semalaman, jagung perlu dikukus kurang lebih 1 jam. Proses ini membuat biji jagung menjadi gelatin, tetapi tidak terlalu matang. Jika kadar gelatinisasi terlalu tinggi, akan terbentuk jagung yang sangat sederhana, yang akan hancur jika diratakan.

Proses perataan jagung, atau mengemping

Proses selanjutnya adalah menyimpan atau meratakan biji jagung yang sudah dikukus. Prosesnya lebih mudah diselesaikan. Proses ini harus segera dilakukan saat biji jagung masih panas dan lunak.

Buatlah bijinya agar jagung bisa diratakan dengan mesin perataan jagung. Mesin ini tidak hanya lebih mudah digunakan, tetapi juga memberikan waktu agar keripik jagung cepat dibuat. Namun pemilihan mesin perata juga harus diperhatikan agar kualitas keripiknya luar biasa.

Theme by Anders Norén