Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Bunga Dari Kulit Jagung Yang Unik Dan Menarik

bunga dari kulit jagung

Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat bunga  dari kulit jagung. Selain rasanya yang enak dan biji buah tanaman jagung bisa dipipil dengan menggunakan mesin pemipil jagung. Kulit tanaman jagung pun juga bisa dijadikan hiasan untuk dirumah. Berikut ini  adalah cara sederhana yang bisa anda pratekkan untuk membuat bunga dari kulit jagung.

bunga dari kulit jagung

a. Cara Membuat Bunga Dari Kulit Jagung

Alat dan Bahan :

  • Kulit Jagung
  • Kayu dengan panjang kurang lebih 30 cm
  • Pita bunga yang berwarna hijau
  • Pewarna makanan berwarna hijau
  • Kawat tipis
  • Gunting

1. Cara Membuat Tangkai Bunga Kulit Jagung

Dalam membuat tangkai bunga dari kulit jagung bisa dengan menggunakan kayu dgn panjang sekitar 30 cm yang sudah kita persiapkan terlebih dahulu. Selain kayu, pewarna makanan juga diperlukan dalam membuat tangkai bunga.

Ambil air secukupnya, bisa juga dengan menggunakan botol gelas untuk wadah air hangat. Dalam proses ini bertujuan untuk mewarnai tongkat kayu. Buat adonan campuran dengan mencampurkan pewarna makanan dengan air secukupnya.

Lalu celupkan kayu yang sebelumnya sudah dibentuk menyerupai tangkai bunga ke dalam air yang sudah diberi pewarna makanan. Rendam kayu tersebut dalam pewarna makanan selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai direndam lalu jemur tangkai tersebut di bawah sinar matahari hingga mengering.

2. Cara Membuat Pola Tangkai Bunga Kulit Jagung

Ambil 2 lembaran kelopak kulit jagung dengan masing-masing ukuran tinggi sekitar 7 cm dan lebar 3 cm. Jika belum ada kulit jagung dengan ukuran yang sesuai, anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Usahakan agar semua lembaran kulit jagung berukuran 7 cm  x 3 cm.

3. Cara Melipat Kulit Jagung Pada Tangkai Kayu Bunga

Langkah yang kita lakukan sekarang yaitu untuk membuat pola dasar bunga dari kulit jagung. Caranya adalah dengan menempelkan 2 lembar kulit jagung yang sudah kita buat dan sesuaikan ukurannya. Pertama-tama taruh terlebih dahulu lembaran kulit jagung pada bagian bawah dan tongkat kayu di atasnya. Lalu lipat bersamaan dan searah, yang ditekan hanya pada bagian bawah saja. Setelah itu baru dapat kita kuatkan dengan menggunakan kawat kecil. Sehingga pola tersebut bisa membentuk bagian yang mekar.

4. Cara Membuat Kelopak Bunga Kulit Jagung

Langkah selanjutnya adalah membuat bunga dari kulit jagung. Pada proses ini yang harus dilakukan adalah membuat kelopak bunga terlebih dahulu. Banyak contoh dari kelopak bunga yang dapat anda kreasikan sendiri.

Pertama-tama anda bisa mengambil strip kulit jagung terlebih dahulu. Lalu kemudian lipat pada ujung atas kelopak jagung kearah bawah, sisakan sekitar 1 cm pada bagian bawah yang akan berfungsi sebagai pusat tali.

Dengan satu tangan memegang pusat bunga dan kelopak pertama, ulangi lipat di atas dari kelopak berikutnya dengan menggunakan tangan anda.

Supaya bagian-bagian luar seperti kawat bisa tertutupi, kita bisa menggunakan pita bunga berwarna hijau untuk menutupi kawat tersebut. Pita bunga kita putar sampai ke bawah dasar tangkai bunga dan kayu pick. Dan akhirnya anda sudah memiliki satu bunga kengkap dengan kelopaknya juga.

Banyak sekali cara membuat bunga dari kulit jagung yang bisa kita kreasikan untuk dibuat sebagai kerajinan tangan. Namun sayangnya kebanyakan masyarakat kurang tertarik akan hal ini. Padahal kulit jagung bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan.

Nah itu tadi penjelasan mengenai kerajinan dari kulit jagung yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk anda yang tertarik dengan kerajinan ini. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terimakasih sudah membaca 🙂

 

Theme by Anders Norén