Kali ini saya akan membahas mengenai cara buat wajik ketan gula merah yang kekinian namun proses pembuatannya pun terbilang mudah.

Siapa sih yang nggak tahu wajik ketan, olahan yang memiliki citarasa yang nikmat dengan rasa legit yang menajadi ciri khas olahan ini. Mungkin sebagian dari anda telah tahu cara untuk buat waik ketan gula merah ini.

Namun bagi anda yang belum tahu, dan berniatan untuk membuatnya dirumah berikut ini cara buat wajik ketan gula merah yang bisa anda coba dirumah.

Cara Buat Wajik Ketan Gula Merah

buat wajik ketan gula merah

Bahan yang Diperlukan :

  • Beras ketan putih, cuci lalu rendam selama 2 jam – 500 gram
  • Gula merah – 250 gram
  • Gula pasir – 50 gram
  • Daun pandan – 3 lembar
  • Santan kental – 250 ml
  • Garam – 1 sdt
  • Air – 100 ml

Langkah untuk Membuat Wajik Ketan Gula Merah :

  1. Siapkan panci kukusan/dandang. Kukus beras ketan selama 15 menit. Matikan api.
  2. Dalam wajan/panci, rebus santan bersama gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air. Aduk rata dan biarkan sampai mendidih.
  3. Masukkan ketan kukus ke dalam rebusan santan. Aduk rata dan masak sampai santan habis dan tekstur ketan terlihat berminyak atau mengkilap.
  4. Pindahkan ketan wajik ke dalam loyang atau wadah. Lalu anda bisa padatkan, rapikan, dan biarkan wajik tersebut dingin hingga suhu ruang. Potong-potong wajik.

Manfaat Santan Bagi Kesehatan Wajah

1. Sebagai Krim Pelembab Kulit Wajah

Untuk menggunakan santan sebagai pengganti krim pelembab kulit wajah ada 2 cara. Cara yang pertama yaitu cukup dengan cara mencampurkan santan dengan bubuk cendana.

Setelah itu anda bisa mengoleskan pada wajah secara merata dan diamkan sekitar kurang lebih 15 sampai 20 menit, baru kemudian anda bisa membilasnya.

Cara yang kedua yaitu hanya dengan menggunakan santan kental namun tanpa campuran apapun, oleskan pada wajah secukupnya dengan merata.

Berikan dan pijatan – pijatan lembut agar otot – otot wajah menjadi lebih rileks dan juga memaksimalkan penyerapan, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan setelah itu bisa bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Melembutkan Kulit Wajah

Gunakan santan kelapa tersebut yang berfungsi untuk melembutkan kulit Anda dengan menyiapkan satu mangkok santan kelapa segar dan campurkan sebanyak seperempat sendok makan bubuk kunyit.

Camurkan dan aduk – aduk sampai rata lalu oleskan pada permukaan kulit wajah dengan sedikit tekanan. Kemudian oleskan secara merata keseluruh kulit wajah, biarkan sekitar 5 sampai 10 menit.

Jika sudah menapai wakyu yang ditentukan anda bisa membilasnya dengan menggunakan air yang hangat. Lakukan cara ini secara rutin setiap sebelum tidur maka kulit wajah Anda akan lebih lembut dan halus.

3. Membasmi Alergi dan Meringankan Rasa Gatal

Untuk permukaan kulit yang sedang mengalami alergi dan terasa gatal, campurkan santan kelapa dengan bubuk cendana dan oleskan pada permukaan kulit terasa gatal.

Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, jika terasa semakin gatal jangan sampai anda menggaruknya. Biarkan khasiatnya meresap dengan baik.

4. Sebagai Face Scrub

Santan kelapa dapat kita gunakan atau difungsikan sebagai scrub yang dapat membantu mengecilkan pori – pori kulit wajah dan mengangkat sel kulit yang mati.

Dengan cara mencampurkan sebanyak 1 cangkir garam halus, 1 ½ sendok makan minyak kelapa dan santan kelapa dalam satu wadah. Campurkan dan aduk – aduk campuran tersebut sampai kekentalannya cukup.

Oleskan campuran tersebut dan ratakan ke seluruh permukaan kulit wajah dan gosok – gosok dengan lembut.

5. Sebagai Makeup Remover

Untuk Anda yang suka atau bahkan setiap hari memakai makeup, santan juga bisa digunakan untuk menghapus makeup yang anda pakai dengan aman.

Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan campurkan santan kelapa dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1:2 dan gunakan untuk menghapus makeup Anda.

Dengan cara ini selain terbilang lebih murah, aman digunakan secara rutin, kulit wajah Anda juga akan lebih lembut dan terjaga kelembabannya bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai cara untuk buat wajik ketan gula merah yang bisa anda coba membuatnya dirumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat dari santan bagi kesehatan wajah.

Semoa pemaparan saya tadi dapat bermanfaat bagi anda, dan bagi anda yang gemar mencoba berbagai macam olahan dirumah. Saya ada sedikit reverensi yang mungkin anda bisa mencobanya dirumah Resep Agar Agar Gula Merah Lapis Santan yang Nikmat