Bicara soal bisnis keripik buah dan sayur, Indonesia sangat kaya akan buah-buahan dan sayuran. Ini adalah sebuah fakta. Puluhan bahkan hingga ratusan jenis buah-buahan dan sayuran bisa kamu temukan di tanah air ini.

Berlimpah-ruahnya buah-buahan dan sayuran di Indonesia ini justru menjadikan buah dan sayur ini memiliki nilai jual yang tidak tinggi.

Bahkan seringkali kita lihat di pasar-pasar banyak buah maupun sayur yang membusuk percuma karena tidak terjual. Andaikan saja ada cara yang dapat memanfaatkan buah dan sayuran ini melalui opsi pengolahan lain.

Namun harus dipahami bahwa kunci dalam memulai usaha yang baik adalah untuk membaca peluang. Kemampuan membaca pasar diperlukan dalam rangka memulai bisnis maupun usaha yang berkepanjangan.

Nah, dalam artikel ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengapa bisnis keripik buah dan sayur adalah lahan bisnis yang menjanjikan buat kalian para pengusaha kreatif!

Berbagai Macam Jenis Bisnis Keripik Buah dan Sayur

Dari begitu banyak jenis buah dan sayur, namun tidak semuanya bisa dimanfaatkan menjadi cemilan semacam keripik.

bisnis keripik buah dan sayur

Dari observasi dan penglihatan kepada pasar yang sudah dilakukan banyak orang, beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang dapat diolah sebagai keripik ada beberapa, antara lain buah salak, buah nangkabuah naga, atau buah pepaya, yang bisa kamu temukan cara membuatnya di laman ini.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengolah buah Apel, Mangga, Melon, Durian, Nanas, atau Labu. Untuk jenis sayuran, kamu juga bisa mencoba mengolah Wortel, Kentang, Kacang Panjang, Terong, dan masih banyak lagi.

Alasan Mengapa Peluang Bisnis Keripik Buah dan Sayur Begitu Menjanjikan

Seperti saya bilang di atas tadi, ketika bicara soal bisnis, kita harus bisa membaca peluang-peluang yang ada. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa peluang bisnis keripik buah dan sayur begitu menjanjikan:

  • Berkat berlimpahnya jumlah bahan baku buah dan sayuran di negeri ini, harga buah dan sayuran menjadi sangat murah.
  • Proses pembuatan dan pengelolaan bisnis yang begitu mudah. Apabila anda memiliki mesin vacuum fryer, maka berjalannya produksi anda akan menjadi semakin cepat.
  • Modal yang anda keluarkan bisa kembali hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan. Pokoknya keuntungannya besar dan dapat diperoleh dengan waktu yang cepat deh.
  • Semua orang pasti mengonsumsi buah. Siapa sih yang nggak suka buah? Nah, selama ini kan buah diawetkan dengan bahan pengawet yang kita tidak tahu terbuat dari apa. Nah, dengan cara digoreng, maka kamu bisa mengawetkan buah dan sayuran tanpa perlu menggunakan bahan pengawet.
  • Pasar yang luas. Anda bisa menjual keripik buah dan sayur ini dimana saja; dari pedagang asongan hingga swalayan.
  • Peluang eksport yang selalu terbuka. Keripik buah dan sayuran ini adalah makanan yang jarang di luar negeri. Berkat awetnya jenis makanan ini, tentu pengiriman ke mancanegara adalah sebuah kemungkinan.

Kunci Kesuksesan Bisnis Keripik Buah dan Sayur

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis keripik buah dan sayur ini, ada beberapa kunci yang perlu kamu perhatikan:

  1. Tampilan keripik anda harus menarik, bersih, dan tidak gosong. Tampilan yang menarik sangat penting. Hal ini tentunya akan bergantung pada pemilihan bahan yang baik, proses penggorengan yang benar, penggunaan mesin yang berkualitas, serta quality control yang akurat.
  2. Kemasan yang terlihat profesional dan estetis. Anda bisa saja menjual produk anda dalam bentuk kiloan, namun mengurangi nilai jualnya. Anda harus kreatif dalam memilih kemasan agar pembeli tertarik.
  3. Pemilihan metode pemasaran yang strategis. Anda bisa membentuk agen penjualan sendiri, atau bekerjasama dengan toko makanan sebagai supplier, atau merintis peluang ekspor.

Apa yang Harus Disiapkan dalam Bisnis Keripik Buah dan Sayur

Adapun hal-hal yang perlu kamu siapkan saat memulai bisnis keripik buah dan sayur adalah sebagai berikut:

  • Modal : alokasi dana untuk membeli mesin vacuum fryer. Pilihlah mesin vacuum fryer yang minimal 15 kg / proses agar efisien.
  • Lokasi Usaha : tempat anda untuk melakukan produksi buah dan sayur. Perhitungan ruang 2×2 untuk meletakkan mesin vacuum fryer serta ruang bagi para pekerja.
  • Kebutuhan Listrik : Perhitungkan kebutuhan daya listrik untuk mesin vacuum fryer dan lainnya. Minimal 1500 watt.
  • Bahan Baku : Pilih bahan baku yang akan anda gunakan. Buah jenis apa atau sayuran jenis apa. Usahakan disesuaikan dengan tempat usaha anda, artinya banyaknya buah atau sayur yang ada di sekitar anda.
  • Kesiapan Menjadi Pengusaha : Siap untuk berwirausaha. Fisik, mental, dan spiritual anda harus siap menuju kesuksesan.

Tips Cara Membuat Keripik Buah dan Sayur

Untuk menggoreng buah-buahan yang akan dijadikan sebagai produk olahan terlebih keripik, kita memang harus memiliki sebuah alat yang dinamakan vacuum fryer (Mesin Penggoreng Hampa).

Kita tidak mungkin menghasilkan produk buah olahan berupa kripik dengan menggunakan alat penggoreng biasa.

Seperti kita ketahui bersama, untuk komoditi buah-buahan hampir semuanya memiliki kandungan glukosa (gula) yang cukup tinggi. Beberapa kelebihan menggoreng buah dengan mesin vacuum fryer :

  • Tidak gosong
  • Kandungan nutrisi tidak hilang
  • Rasa dan aroma sesuai bahan aslinya
  • Renyah
  • Tidak perlu bahan kimia pengawet
  • Tidak perlu menambah rasa buatan
  • Makanan memiliki nilai gizi dan serat tinggi.

Cara pemakaian mesin vacuum frying juga sangat mudah. Potong-potong buah yang ingin dibuat kripik hingga ukuran yang nyaman untuk dimakan.

Jika terlalu besar akan mengakibatkan anda kurang nyaman sewaktu memakannya, namun jika terlalu kecil akan membuat anda membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya.

Setelah potongan buah siap,  memasukkan buah / sayur yang telah dicuci ke dalam mesin. Tidak perlu tambahan perasa atau bahan-bahan lain.