Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Bisnis Jual Beli Sapi Yang Menjanjikan Dan Terpercaya

bisnis jual beli sapi

Bisnis jual beli sapi. Kebutuhan masyarakat akan daging sapi yang relatif tinggi. Dagingnya yang kerap diolah dan dikonsumsi menjadi ragam menu seperti sop dan rendang.

Terlebih menjelang pada hari raya, permintaan sapi akan melonjak untuk dijadikan hewan kurban. Sapi yang telah banyak diternakkan di berbagai wilayah sebagai sumber pemasukan.

Dalam pemasarannya, anda juga perlu memperhatikan strategi yang tepat dan efisien.

Tentukan Jenis Sapi

bisnis jual beli sapi

Jika ingin bisnis jual beli sapi, pastikan sapi dalam kondisi sehat dan rawat sapi agar menghasilkan susu yang berkualitas.

Jika anda ingin menjual sapi untuk diambil dagingnya, kamu dapat membeli bibit sapi dan dirawat hingga dewasa.

Biasanya, sapi yang dapat dikawinkan setelah berusia 18 hingga 24 bulan agar ternak semakin banyak. Berikut ada beberapa sapi untuk diperjual belikan antaranya:

1. Sapi Brangus

Sapi brangus adalah sapi dengan hasil perkawinan silang antara sapi brahman dan sapi angus. Sapi brangus merupakan jenis sapi potong yang mempunyai ketahanan di iklim yang sulit.

Jenis sapi brangus ini dijual dengan kisaran puluhan hingga ratusan juta rupiah per ekornya.

2. Sapi Simental

Sapi simental adalah jenis tipe sapi dwiguna, yaitu jenis sapi potong dan sapi perah. Sapi simental juga juga termasuk jenis sapi yang memiliki bobot lahir kecil.

Meski demikian, pertambahan pada bobot sapi simental per hari bisa mencapai 0,9 hingga 1,2 perkilogram.

Sapi simental dewasa dengan rata-rata berukuran 700-800 kilogram per ekor. Beberapa sapi simental juga ada yang memiliki yang bobot hingga lebih dari satu ton.

3. Sapi Limousin

Sapi limousin adalah jenis sapi potong yang berwarna merah keemasan yang pertama kali dikembangkan di Prancis.

Sapi limousin merupakan tipe sapi potong dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental.

Bobot sapi limousin dapat mencapai sekitar 1,2 ton. Persilangan dari sapi limousin dengan jenis sapi lainnya telah menghasilkan sapi silang seperti sapi limpo dan sapi limura.

Tentukan Peran

bisnis jual beli sapi

Dalam berbisnis jual beli sapi, ternak ini kerap dijadikan sebuah investasi. Kamu dapat membudidayakan sapi dengan secara langsung dan menjualnya.

Jika anda belum begitu paham budidayanya, kamu dapat pula menjadi bandar atau retailer yang menyediakan sapi untuk dijual.

Sebagai retailer, kamu memerlukan rekan kerja untuk memenuhi permintaan pada pasar dan menghasilkan ternak sapi berkualitas.

Jika kamu memilih menjadi bandar sapi, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Pastikan lokasi kandang sapi mendukung pertumbuhannya, karena akan berpengaruh pada kualitas pada daging dan susu yang dihasilkan.

Perhatikan pula pakan ternak yang terpenuhi agar sapi sehat dan dirawat oleh pekerja yang mengerti cara mengurus sapi.

Pemasaran Sapi

bisnis jual beli sapi

Sapi memiliki beragam segmentasi pasar. Beberapa pilihan pada pasar sapi berikut dapat kamu sesuaikan dengan keperluan.

– Pasar Hewan: Bagi peternak sapi, kamu dapat memasarkan sapi di pasar hewan secara langsung untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

– Hewan Kurban: Karena kebutuhan sapi melonjak menjelang hari raya, ternak sapi dapat dijual untuk memenuhi permintaan kurban.

Teknik pemasaran ini juga termasuk yang paling menguntungkan, untuk itu pastikan jumlah sapi cukup dan tetap dalam kondisi sehat.

– Pemasaran Online: Kamu dapat menjual sapi sendiri dengan secara online dengan promosi yang tepat. Gunakanlah sosial media untuk memaksimalkan pemasaran atau dapat pula bergabung dengan situs e-commerce.

– Rumah Pemotongan Hewan: RPH yang dapat menjadi solusi bijak untuk menjual sapi yang mengalami patah tulang atau penyakit sejenisnya yang tidak mempengaruhi kualitas daging.

Selain itu, dengan menjual sapi ke RPH kamu tidak perlu pusing promosi usaha. Namun, pada harga sapi kamu akan mengikuti perkembangan harga di pasaran.