Bank Dan Keuntungan Menabung di Bank – Banyak cara yang dilakukan orang untuk menabung.

Jika zaman dahulu orangtua mengajarkan kita pada masa kecil untuk menabung pada sebuah tempat penyimpanan khusus yang disebut dengan celengan kini bank sudah memfasilitasi tabungan untuk anak, jadi memang sudah sejak kecil dididik untuk menabung di bank.

Tak hanya anak kecil, kita sebagai orang dewasa juga perlu menyisihkan sebagian penghasilan atau gaji untuk ditabung di bank, tentunya dengan membuka rekening khusus. Brankas juga termasuk penyimpanan uang yang selalu disediakan bank.

Kita dapat memilih rekening di bank mana yang ingin digunakan, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, tapi yang jelas ada beberapa keuntungan menabung di bank yang dapat dirasakan ketika menabung di bank.

 Jenis Jenis Bank Dan Keuntungan Menabung Di Bank

bank dan keuntungan menabung di bank

1. BANK BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

1). Bank Negara Indonesia

2). Bank Rakyat Indonesia

3). Bank Tabungan Negara

4). Bank Mandiri

5). Bank Century

2. Bank Umum Swasta Nasional 

1). Bank Artha Graha Internasional

2). Bank Bukopin

3). Bank Bumi Arta

4). Bank Central Asia

5). Lippo Bank

6). Bank Danamon

7). Bank Muamalat Indonesia

8). Bank Permata

9). Bank Internasional Indonesia (BII)

10). Bank Sinarmas

11). Bank Swadesi

12). Bank Syariah Mandiri

Keuntungan Menabung di Bank

bank dan keuntungan menabung di bank

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menabung di bank, berikut ini 5 bank dan keuntungan menabung di bank yang bisa kamu nikmati, yaitu:

1. Aman

Bila dibandingkan dengan menabung di celengan atau lembaga lain non perbankan, menabung di bank akan lebih aman karena sudah ada lembaga penjamin dan sistem perbankan yang menjaga privacy dan keamanan keuangan nasabah.

Setiap bank menyediakan brankas untuk menyimpan uang agar tetap aman. Pilihlah brankas yang paling bagus supaya benar benar aman.

2. Mudah

Kita tak perlu repot bila ingin menabung, tinggal datang ke bank bila ingin melakukan setoran tunai. Fasilitas yang diberikan oleh bank pun juga turut memanjakan nasabah.

Ada kartu ATM yang bisa digunakan untuk bertransaksi di banyak mesin ATM yang tersebar di banyak tempat. Ada mobile banking dan internet banking yang memudahkan bertransaksi sepanjang waktu tanpa perlu repot keluar rumah.

3. Berbunga

Untuk bank konvensional, akan ada bunga setiap bulannya. Persentase besaran bunga setiap bank berbeda-beda.

Hasil bunga setiap bulan juga bergantung dari besar kecilnya jumlah tabungan, semakin besar jumlah tabungan maka bunga yang diterima setiap bulan otomatis akan besar.

Untuk bunga bank biasanya hanya berlaku untuk jenis tabungan konvensional, namun untuk tabungan syariah tidak menggunakan sistem bunga namun memakai sistem bagi hasil.

4. Berhadiah

Bank biasanya memberikan promo bagi nasabah mereka. Ada hadiah yang dibagikan untuk pelanggan, baik hadiah langsung saat bertransaksi maupun hadiah periodik dengan sistem undian.

Hadiah yang diberikan tentunya berbeda, untuk hadiah langsung biasanya barang yang diberikan nilainya tidak terlalu besar, tapi hadiah undian yang dilakukan secara periodik biasanya hadiah yang diberikan juga bernilai besar.

5. Keuangan Lebih Terencana

Ada kebutuhan-kebutuhan yang ingin kita cukupi, seperti biaya pendidikan, persiapan membangun rumah, maupun kebutuhan primer atau sekunder lainnya.

Dengan menabung maka setiap kebutuhan akan dapat kita cukupi dengan perencanaan keuangan yang tepat, dan membangun adalah salah satu cara tersebut. 

Belum lagi kebutuhan-kebutuhan tak terduga yang bisa datang kapan saja. Bila tidak memiliki uang tentu akan menjadi sebuah masalah. Itulah macam macam bank dan keuntungan menabung di baik yang bisa dijadikan panduan bisnis Anda.