Salah satu cara untuk menjalani usaha alternatif yang sangat bagus peluangnya adalah memanfaatkan barang  bekas yang biasanya menjadi sampah. Baju daur ulang dari plastik adalah alternatif yang baik  memanfaatkan peluang tersebut.

Salah satu kerajinan dari plastik bekas yang sedang tren sekarang ini adalah menjalani usaha baju daur ulang dari plastik.  Dengan bermodalkan plastik bekas dan kreasi ternyata bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Daur ulang plastik sekarang telah tumbuh dan berubah menjadi berbagai macam usaha. Dari mulai kerajinan tangan, lampion, dan bahkan baju. Menjalani usaha baju daur ulang dari plastik bukan lagi proyek masa depan lagi.

Baju daur ulang dari plastik

Baju daur ulang dari plastik

Menjalani Usaha Baju Daur Ulang Dari Plastik

1). Usaha Baju Daur Ulang Dari Plastik dan Karakteristiknya

Plastik mempunyai peran yang penting dalam hidup kita, Indonesia menjadi salah satu produser dan konsumer terbanyak setelah China dan Eropa.

Dari fakta ini kita dapat belajar bagaimanapun juga seharusnya kita bisa menjadikan plastik bermanfaat. Salah satunya adalah bisnis yang mendunia baju daur ulang dari plastik.

Karakteristik plastik adalah memiliki daya tahan yang bagus, fleksibel, dapat di warnai, dan juga aman. Hal ini adalah fakta yang bisa di manfaatkan untuk menjadikan plastik bahan daur ulang.

Dengan karakteristik seperti itu juga plastik menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, jika di lihat dari karakteristik tersebut kita bahkan bisa membuat pakaian yang baik untuk ke depan nya.

2). Plastik Menjadi Brand  Baju Yang Akan Ramah Lingkungan

 Plastik menjadi barang yang biasa untuk membuat produk pakaian sekarang ini, Ecoalf sebuah perusahaan besar pakaian di Spanyol telah membuat 70% baju daur ulang dari plastik bekas ini.  (1)

Barang barang yang telah di buat tidak hanya terbatas di pakaian saja tetapi juga jaket, merchedise, dan aksesoris lainnya. Ini lah yang seharusnya menjadi peluang untuk produsen – produsen di Indonesia untuk melihat peluang ini.

Plastik botol di kumpulkan lalu setelah mengalami proses pembersihan dan penghancuran yang akan membentuk menjadi kumpulan bola plastik. Dari kumpulan bola plastik ini yang nantinya akan menjadi raw polyster.

Raw polyster ini lah yang nanti akan di buat berbagai macam bahan yang di buat menjadi pakaian, jika ini menjadi bahan maka tentu saja final produknya akan menjadi ramah lingkungan.

3). Pemasaran Bisnis Baju Daur Ulang dari Plastik

Pemasaran yang mengglobal tentu saja sangat baik, jika produsen – produsen tahu peluang. Maka hal ini yang seharusnya menjadi sebuah proyek besar salah satu peluangnya adalah publik figur sekarang.

Di ranah global seorang musisi Amerika Pharell Williams melakukan sebuah gebrakan baru. Ia membuat sebuah projek membuat sebuah baju dari plastik bekas lalu di juga mendistribusikann nya menjadi sebuah produk ramah lingkungan.

Pakaian – pakaian yang di jual oleh Pharell Williams ini adalah pakaian yang di buat dari recycled polyethylene terephthalate (PET) bottles.  Suatu bisnis yang mendunia baju daur ulang dari plastik. (2)

Recycled polyethylene terephthalate (PET) bottles adalah sebuah bahan yang sekarang ini telah menjadi bahan yang di bentuk untuk di daur ulang menjadi berbagai macam barang salah satunya adalah Pakaian.

Dari yang penulis teliti untuk saat ini, Di Indonesia belum ada yang serius untuk menjalani daur ulang dengan menjadikannya produk – produk menjadi suatu bisnis yang di kelola serius. Hanya beberapa orang saja yang mencoba – coba daur ulang.

Padahal ini adalah peluang besar karena bahan baku yang sangat – sangat murah tidak seperti kain biasa yang semakin sulit didapat dan mahal, bahan baku ini bisa sangat bagus untuk produsen baju di Indonesia.

Nah, itu tadi adalah pembahasan penulis tentang bagaimana bisnis yang di anggap remeh menjadi sesuatu yang menjanjikan jika di antara kalian yang membaca tulisan ini ingin mencoba serius silahkan.

Anda bisa memulai segala sesuatunya termasuk bisnis anda di mulai dari nol sekalipun, anda dapat dengan bermodalkan kreativitas membangun sesuatu yang baru.

Jika anda berhasil membangunnya maka jangan lupa untuk membagi ilmunya.