Bahaya Minum Air Kelapa Tua – Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal karena kaya akan manfaat serta  tersebar di banyak tempat, tak terkecuali di indonesia. Hampir seluruh bagian tumbuhan  ini dapat dimanfaatkan. Diantara seluruh bagian tumbuhan ini, yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya.

Buah kelapa yang paling sering dimanfaatkan adalah jenis buah kelapa muda, karena banyak  yang menganggap kelapa muda lebih segar dan lebih banyak manfaat dibanding kelapa tua. Anggapan tersebut tidak benar, sebab fakta membuktikan buah kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding kelapa muda. Semakin tua umur kelapa, maka kandungan nutrisi air dan daging buahnya juga semakin baik dan besar.

Baca Juga : Gambar Sate Klopo

Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin c, serta mineral. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Protein dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Vitamin c bermanfaat menjaga sistem tubuh dan sebagai antioksidan. Sementara mineral bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat air kelapa tua. Manfaat tersebut antara lain:

  • manfaat air kelapa tua
  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan racun dalam tubuh
  • Mengobati demam
  • Mengobati masalah usus
  • Menghilangkan dehidrasi
  • Mengobati luka pada wajah
  • Mengobati luka bakar
  • Membantu diet
  • Mencegah penuaan dini
  • Membeningkan kulit
  • Mencegah penyakit gagal jantung
  • Mengatasi panas dalam
  • Mengatasi penyakit kolera

Efek Samping/ Bahaya Air Kelapa Tua

Bahaya Minum Air Kelapa Tua

 

Selain memiliki banyak manfaat, air kelapa dapat menimbulkan penyakit dan masalah lain apabila dikonsumsi secara berlebihan, dikonsumsi oleh orang yang salah, atau dikonsumsi dengan cara yang tidak benar. Berikut ini efek samping dari air kelapa tua yang salah dalam cara mengkonsumsinya.

 

Berisiko menyebabkan diare

Oleh karena air kelapa merupakan salah satu minuman yang memiliki kadar lemak yang rendah, hal ini dapat membantu penurunan berat badan tetapi di lain sisi juga bisa menyebabkan diare apabila dikonsumsi secara berlebih.

Dapat menimbulkan kejang otot

Anda tidak dianjurkan meminum air kelapa ketika anda sedang dalam perjalanan jauh karena kandungan kalsium di dalam air kelapa justru dapat menimbulkan efek samping berupa kejang otot dan membuat Anda lebih kelelahan.

Bukan pengganti cairan tubuh yang absolut

Air kelapa memang mengandung banyak nutrisi yang mampu membantu menggantikan ion tubuh yang hilang. Akan tetapi bukan berarti dengan meminum air kelapa saja sudah cukup untuk mengatasi masalah kelelahan pada tubuh Anda. Anda juga harus mengonsumsi makanan dan minuman bergizi lainnya.

Bahaya bagi penderita gangguan ginjal

Pada penderita gangguan atau penurunan fungsi ginjal, akan kesulitan untuk melakukan proses sekresi zat di dalam tubuh. Apalagi kandungan makanan yang mengandung kalium dan elektrolit di dalam air kelapa, tidak dapat disaring dengan benar karena penyakit ginjal. Akibatnya dapat terjadi hyperkalemia di dalam darah. Oleh sebab itu, bagi penderita dengan gangguan penurunan fungsi ginjal disarankan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa. Karena dapat terjadi komplikasi yang sampai membahayakan organ jantung.

Berbahaya bagi ibu hamil dan janin

Secara khusus, air kelapa ternyata berbahaya apabila dikonsumsi oleh wanita yang hamil terutama bagi janin yang dikandungnya. Wanita yang sedang hamil, umumnya pada usia kehamilannya yang masih muda (trimester pertama/ tiga bulan pertama) dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa karena bisa meningkatkan kadar asam lambung. Terlebih pada awal-awal kehamilan wanita biasanya masih sering mengalami mual muntah (emesis) sehingga dikhawatirkan dengan mengkonsumsi air kelapa justru akan memperparah mual muntah tersebut.

Hal ini juga diperparah oleh keadaan hormon kehamilan. Ada juga yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air kelapa saat sedang hamil bisa menyebabkan keguguran, akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena penyebab keguguran bisa jadi oleh karena berbagai faktor termasuk faktor janin maupun ibu sendiri. Oleh sebab itu, dianjurkan apabila wanita hamil ingin minum air kelapa lebih baik pada usia kehamilan yang sudah lebih tua atau sekitar enam bulan ke atas. Dan juga jangan mengkonsumsi air kelapa berlebihan.

Tidak membuat tubuh selalu kebal terhadap penyakit

Kandungan di dalam air kelapa memang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi jangan salah mengartikan bahwa hal ini berarti air kelapa bisa membuat tubuh selalu terlepas dari berbagai penyakit.

Air kelapa hanya membantu meningkatkan daya imun, tetapi risiko terpapar penyakit masih bisa terjadi. Sehingga  dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi lainnya serta membiasakan untuk gaya hidup sehat.

Dapat menyebabkan kembung

Meminum air kelapa tua secara berlebihan dalam satu waktu dapat menyebabkan kembung. Perut akan terasa kencang dan penuh, serta menyebabkan rasa ingin mual.

 

 

Demikian artikel tentang bahaya minum air kelapa tua. Semoga artikel bahaya minum air kelapa tua ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel bahaya minum air kelapa tua ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Tua