Halo, sekarang ini lagi banyak hari perayaan,  bagi kalian yang ingin membuat cemilan renyah, kali ini kami akan menjelaskan delapan langkah mudah cara membuat keripik ubi jalar renyah.

Hanya perlu sedikit waktu luang dan dengan bahan dan alat yang ada di dapur. Artikel kali ini akan membahas tentang tips 8 langkah cara membuat keripik ubi jalar renyah!

Ubi jalar atau ketela rambat  adalah sejenis tanaman budidaya.  Tanaman ini memiliki bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi.

Ubi jalar dapat dibudidayakan melalui batang rambatnya.

Cara menanamnya juga cukup mudah loh! hanya dengan mencangkul lahan yang mau ditanami sehingga batang rambat ubi jalar mudah dimasukkan dalam tanah. pemeliharaannya cukup mudah.

Di bawah ini akan kami jabarkan 8 langkah cara membuat dari resep makanan kacang bawang renyah yang mudah dengan cara yang tentu saja dapat anda ikuti.

8 Langkah Mudah Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Renyah!

cara membuat keripik ubi jalar renyah

cara membuat keripik ubi jalar renyah

Langkah – langkah dalam resep cara membuat keripik ubi jalar renyah ini sangat mudah di ikuti. Jadi, jangan risau dengan bahan – bahan  yang ada di sekitar kita, semua resep yang kami berikan di sini di jamin terpercaya dan bisa di lakukan dengan mudah.

Selamat mencoba !

Bahan:

  • 1 kilogram (sesuaikan kebutuhan anda) ubi ungu yang masih segar, bisa juga ubi jalar biasa tergantung selera anda atau tergantung bahan yang anda inginkan
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sendok makan, air kapur sirih
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng, sediakan  secukupnya tergantung banyaknya ubi yang ingin kalian bikin.

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Renyah :

  1. Kupas kulit ubi yang sudah anda siapkan, dan jangan lupa juga sebelum dan sesudah di kupas,  dicuci dengan air sampai bersih
  2. Iris tipis-tipis, tetapi jangan terlalu tipis karena akan membuat ubi menjadi lebih keras dan tidak renyah.
    1. Irislah dengan tipis dengan pisau yang tajam atau menggunakan alat pemotong supaya hasilnya sama dan konsisten lebih terlihat rapih.
  3. Setelah itu kalian bisa campurkan air kapur sirih dengan air yang besih yang sudah di sediakan sebelumnya.
  4. Rendam ubi yang sudah diiris tipis  tersebut kedalam air kapur sirih selama 1-2 jam, angkat dan tiriskan
  5. Setelah di tiriskan sebentar, jemur ubi dibawah terik matahari sampai benar-benar kering, ini juga yang dapat membuat ubi kalian menjadi lebih renyah.
  6. Larutkan gula pasir dengan air secukupnya lalu masukkan ubi yang sudah dijemur kedalam larutan gula, agar ubi menjadi lebih gurih
  7. Panaskan minyak,  lalu goreng ubi sedikit demi sedikit sampai matang dan kering, angkat tiriskan dan diamkan sampai dingin
  8. Sajiakan ubi yang sudah matang, jika anda suka makan selagi hangat maka bisa langsung di makan segera dengan di sajikan ke dalam mangkuk atau piring makanan cemilan.
    1. tetapi jika ingin di simpan, simpan lah di dalam toples dan tutup rapat agar tetap kering tidak layu.

Jika keluarga menyukai hasil masakan cemilan dalam cara membuat ubi jalar yang renyah hasil dari yang  anda buat, maka cobalah variasi lainnya.  Sebenarnya anda bisa membuat makanan sehat yang lain juga dengan variasi anda sendiri tentunya.

Coba kreatifitas masakan anda, ada berbagai macam masakan yang renyah dari berbagai macam bahan, dengan campuran dan cara memasak sehat lain tentunya.

Terimakasih dan Selamat menikmati masakan yang anda buat sendiri!

Jika anda suka dengan artikel ini jangan lupa membagikanya di jejaring sosial anda ya!