Resep Kue Tart Panggang – Dari dulu penasaran banget nih pengen bikin cake ini. Buat bunda di rumah juga bisa mencobanya resep kue tart panggang ini bisa di hias sesuka hati bunda nanti nya.

Resepnya itu terbilang murah dan simpel untuk newbie yang baru belajar bikin cake.
Semisal gagal, gak terlalu nyesel-nyesel amat kan
Yuk, simak resep kue tart panggang nya.

Bahan-bahan

  1. 4 butir telur ukuran besar
  2. 190 gram gula pasir
  3. 1 sdt SP
  4. 150 gram terigu protein rendah (kunci biru)
  5. 1 sdt extract vanilla (merk ladame)
  6. 25 gram susu full cream bubuk (curah)
  7. 150 gram minyak goreng
  8. 1 sachet susu kental manis (indomilk)
  9. sesuai selera pewarna (mejikuhibiu)
  10. buttercream
  11. 200 gram mentega putih (150 snow white 50 anchor)
  12. 100 gram mentega asin (palmia royal)
  13. 100 gram gula cair

Langkah

  1. Mixer telur, gula, SP bersama-sama sampai PUCAT, MENGEMBANG dan teksturnya KENTAL. Istilahnya “ribbon stage”. Jadi… kalau mixer dihentikan, coba ambil sedikit adonan dan coba tuang. Kalo dituang masih ngalir bebas, mixer lagi! Jika dituang nampak seperti menggumpal blop-blop-blop.. naaah, cocok tuh.
  2. Turunkan speed mixer ➡ masukkan susu bubuk dan vanilla sampai homogen ➡ masukkan tepung (speed mixer paling RENDAH ya) aduk hingga sekedar tercampur saja ➡ matikan mixer dan ganti dengan spatula untuk mengaduk tepung hingga homogen. TAPI JANGAN KEENAKAN ALIAS KELAMAAN NGADUKNYA YA.
  3. Masukkan minyak goreng perlahan-lahan sambil diaduk dengan spatula hingga homogen, gunakan teknik aduk balik. PIYE IKU? Ayo…coba liat yutub, sulit deh kalo mendeskripsikan dengan tulisan pokoknya jangan diaduk seperti kita mengaduk kopi tubruk, nggih!
  4. Siapkan 6 mangkuk. Isi dengan beberapa tetes pewarna. Larutkan pewarna menggunakan susu kental manis. 1 mangkuk = 1 warna ya!
  5. Bagi adonan yang sudah homogen tadi (poin 3) sama rata. Ditimbang masing-masing biar manteb dan yakin rata. Kalau tidak rata nanti kuatir tinggi per-slicenya tidak rata. Masukkan dalam mangkuk yang sudah berisi pewarna tadi (poin 4). Dan lagi-lagi JANGAN KEENAKAN NGADUK alias JANGAN LAMA-LAMA NGADUKNYA YA.
  6. Siapkan loyang diameter 18cm. Oles margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Udah… gak usah ditambahin tepung, nggak lengket kok Percayalah, ini ukuran loyang paling ideal. Aku pakai loyang 22cm. Itu kenapa cake ku ini per-slice jadinya tipis-tipis (kurang dari 1cm). Kurang greget de
  7. Siapkan oven. Panaskan dengan suhu yang dianjurkan 170-180 derajat celcius. Oven HARUS SUDAH PANAS ya ketika loyang berisi adonan dimasukkan. Panggang selama 15-17 menit per loyang. Berhubung loyang saya lebar dan adonannya tipis 15 menit ini sudah manteb.
  8. Oiya, lama pemanggangan tergantung kompor dan oven masing-masing ya! aku TIDAK pakai oven. Aku pakai panci wok hakashima dan tanpa pengukur suhu. Jadi aku set kompor dengan api lumayan kecil.
  9. Setelah ke-6 adonan matang, dinginkan suhu ruang dan siapkan buttercream untuk frosting (dekorasi.)
  10. Menyiapkan buttercream ➡➡➡ Mixer semua mentega dan gula cair. JANGAN PAKAI GULA PASIR KARENA GULA PASIR TIDAK AKAN LARUT SEKALIPUN SUDAH SAYA MIXER SELAMA 10 MENIT Tambahkan susu kental manis jika dirasa masih kurang manis. Buttercream pun siap digunakan.
  11. Setelah selesai menambahkan dekorasi, masukkan dalam kulkas beberapa saat untuk memastikan buttercream benar-benar set. And…..enjoy your lovely cake!

yah mungkin cukup sekian resep kue tart panggang nya dari saya semoga bunda semu di rumah bisa memanfaatkan nya dengan baik,bagi bunda yang suka atau pecinta kue tart bisa klik disini